Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini JANGAN LENGAH MENJAGA SALURAN PERNAPASAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

JANGAN LENGAH MENJAGA SALURAN PERNAPASAN

Ngorok/nyekrek, gejala umum penyakit pernapasan. (Foto: Istimewa)

Dalam suatu usaha peternakan unggas, ada tiga elemen penting yang harus dipenuhi, yakni pakan, air minum dan kebutuhan oksigen alias udara. Tanpa pakan, ayam masih bisa bertahan hidup dalam beberapa hari, tanpa air ayam masih bisa bertahan hidup sampai sehari, tanpa asupan udara yang cukup ayam bisa mati dalam beberapa jam.

Bernapas merupakan salah satu kebutuhan utama mahluk hidup. Prinsipnya yakni menghirup oksigen dari luar dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Terkadang, saluran pernapasan tidak selamanya dalam kondisi prima. Beberapa penyakit siap mengintai saluran pernapasan dan menurunkan performa bahkan menyebabkan kematian.

Seluruh mahluk hidup butuh bernapas untuk hidupnya. Oksigen yang dihirup digunakan dalam proses pembentukan energi atau lazim disebut oksidasi biologis. Tanpa adanya oksigen, energi yang berasal dari pakan sudah pasti tidak akan bisa terbentuk dan mustahil pertumbuhan dan performa akan tercapai.

Review Sistem Pernapasan Ayam
Tidak seperti hewan lainnya, unggas termasuk ayam memiliki sistem pernapasan yang berbeda dan unik. Karena pada ayam dan unggas terdapat kantung udara. Sistem pernapasan ayam terdiri dari saluran pernapasan (hidung, sinus hidung/sinus infraorbitalis, laring, trakea, bronkus), paru-paru dan kantung udara. Laring dan trakea tersusun atas otot dan tulang rawan. Pada permukaan dalam (epitel) terdapat silia, sebagai alat pertahanan terhadap benda asing. Di dalam paru-paru terjadi pertukaran udara bersih dan kotor.

Udara yang kaya akan oksigen akan diedarkan ke seluruh tubuh. Kantung udara merupakan selaput tipis berbentuk seperti balon yang berfungsi membantu pernapasan. Kantung udara memiliki sel fagosit dalam jumlah sedikit, sedangkan proses pertukaran udara juga terjadi di kantung udara tersebut. Padahal setiap udara yang masuk mengandung berbagai macam mikroba termasuk yang sifatnya patogen. Selain itu, kantung udara tersusun atas sel tipis dan sedikit pembuluh darah. Sehingga mudah dirusak oleh bibit penyakit. Hal inilah yang menjadi titik lemah pada sistem pernapasan ayam.

Jangan Lengah
Guru Besar FKH Unair, Prof Suwarno, yang juga praktisi perunggasan, mengingatkan bahwa... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Mei 2022. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer