Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini 6 JENIS AYAM PEDAGING DI INDONESIA YANG POPULER | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

6 JENIS AYAM PEDAGING DI INDONESIA YANG POPULER

jenis ayam pedaging

Dari sekian banyak jenis ayam pedaging, berikut adalah 6 dari jenis-jenis ayam pedaging yang populer di Indonesia. Artinya cukup banyak diternakkan dan menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari.

Ayam Broiler

Ayam broiler adalah jenis ayam pedaging yang paling populer dan paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Bahkan diternakkan dalam skala industri yang besar.

Jika dipelihara dengan baik pertumbuhannya sangat cepat dan konversi pakannya sangat efisien. Sehingga bisa dipanen dalam waktu sangat singkat dengan hasil daging yang tinggi.

Harga jualnya pun cukup murah. Karena itu saat ini ayam broiler adalah jenis ayam pedaging yang paling banyak dikonsumsi masyarakat.

Ayam Kampung

Ayam kampung sudah sejak lama, lebih lama dari ayam broiler dan mungkin ayam pedaging lainnya, menjadi ayam yang dipelihara masyarakat Indonesia untuk diambil daging dan telurnya. Biasanya dipelihara oleh masyarakat pedesaan secara tradisional dan sederhana (diumbar) dengan pakan seadanya pula.

Ayam ini mempunyai rasa daging yang lebih enak dari broiler. Namun pertumbuhannya jauh lebih lambat dan harganya cukup mahal. Meski demikian daging ayam kampung masih cukup populer dikonsumsi oleh masyarakat.

Ayam Pejantan (Ayam Petelur Jantan)

Ayam pejantan adalah ayam petelur jantan yang tidak dibudidayakan sebagai ayam petelur karena tidak bisa bertelur. Biasanya DOC ayam petelur jantan dijual sebagai ayam pedaging dengan harga yang lebih murah dari DOC ayam petelur betina. Kemudian oleh peternak dipelihara sebagai ayam pedaging.

Ayam pejantan sejauh yang kami tahu termasuk jenis ayam pedaging di Indonesia yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Baik konsumsi rumah tangga maupun diolah menjadi masakan untuk dijual.

Ayam Sentul

Ayam Sentul disebut juga ayam Kulawu, adalah ayam lokal asli kabupaten Ciamis. Banyak dibudidayakan oleh masyarakat pedesaan, terutama di Ciamis, sebagai ayam pedaging. Meski demikian ayam ini juga bisa dipelihara untuk diambil telurnya.

Umur panennya cukup singkat, jika dipelihara secara tradisional kurang lebih umur 12 minggu sudah bisa dipanen. Jika dipelihara secara intensif maka umur panennya bisa lebih pendek lagi.

Ayam Joper

Ayam Joper (Jowo Super) adalah hasil persilangan ayam kampung jantan dengan ayam petelur betina. Pertumbuhannya lebih cepat dari ayam kampung biasa dan dapat diproduksi secara massal.

Ayam Joper bisa dipelihara sebagai petelur maupun pedaging. Jika diternak untuk diambil dagingnya pada usia 60 hari beratnya bisa mencapai 1 kg atau lebih dan sudah bisa dipanen.

Ayam KUB

Ayam KUB adalah hasil persilangan dari beberapa ayam kampung yang dilakukan oleh Balitbangtan. Menghasilkan ayam kampung unggul yang diberi nama ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB).

Ayam KUB bisa dipelihara sebagai petelur juga pedaging. Pertumbuhannya lebih cepat dari ayam kampung biasa, lebih tahan penyakit, dan konversi pakannya juga lebih bagus. Saat ini ada dua jenis ayam KUB yaitu KUB-1 dan KUB-2 yang dikembangkan setelah KUB-1 dengan performa yang lebih baik.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer