Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MENJAGA KEAMANAN SALURAN PERNAPASAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MENJAGA KEAMANAN SALURAN PERNAPASAN

Saluran pernapasan memiliki berbagai sistem pertahanan tubuh terhadap agen infeksius. (Foto: Istimewa)

Kesehatan saluran pernapasan ayam sangat penting untuk mencapai target produktivitas ayam pedaging maupun petelur. Kesehatan saluran pernapasan harus selalu mendapat perhatian serius untuk mencapai puncak kemampuan genetik ayam. Karena dampak dari semakin tingginya produktivitas, ayam menjadi semakin sensitif terhadap perubahan lingkungan dan ancaman penyakit, sehingga membutuhkan manajemen kesehatan saluran pernapasan yang lebih baik.

Fungsi utama saluran pernapasan ayam adalah menyediakan oksigen dalam jumlah cukup, mengeluarkan CO2 dan membantu proses tanggap kebal. Syarat untuk memenuhi fungsi pernapasan tersebut adalah ketersediaan udara bersih dan saluran pernapasan yang sehat.

Karakteristik saluran pernapasan ayam antara lain saluran pernapasan relatif panjang, dalam proses pernapasan paru-paru tidak ekspansif dan memiliki kantung udara serta tidak memiliki diafragma. Konsekuensi karakteristik saluran pernapasan ayam tersebut adalah infeksi kantung udara menjadi sering muncul, dapat meluas dan menyebar ke organ lain.

Saluran pernapasan memiliki berbagai sistem pertahanan tubuh terhadap agen infeksius. Silia yang dapat menangkap agen infeksi dan epitel saluran pernapasan merupakan sistem pertahanan struktural. Makrofag dan netrofil merupakan sistem pertahanan selular non-spesifik. Sedangkan sistem kekebalan spesifik pada saluran pernapasan dapat bersifat humoral dan selular. Mukus pada saluran pernapasan termasuk sistem pertahanan sekretorik.

Jenis Penyakit Pernapasan
Penyakit yang dapat secara langsung merusak organ dan mengganggu fungsi pernapasan, berdasarkan tipe penyebab agen infeksi:… Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Mei 2022.

Ditulis oleh:
Drh Yuni
Technical Department Manager
PT ROMINDO PRIMAVETCOM
Jl. DR Saharjo No. 264, JAKARTA
Telp: 021-8300300

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer