Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PENYAKIT YANG EKSIS DI 2021 DAN PREDIKSINYA DI 2022 | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PENYAKIT YANG EKSIS DI 2021 DAN PREDIKSINYA DI 2022

Pemeriksaan serologi untuk kepastian vaksinasi dan booster, serta penerapan biosekuriti yang optimal untuk mencegah dan menanggulangi penyakit. (Foto: Istimewa)

Hampir di semua daerah peternakan, masalah yang timbul dengan tidak tercapainya performa yang diinginkan selalu berakar pada masalah yang hampir sama, karena kegagalan penerapan tata laksana pemeliharaan yang baku maupun akibat berjangkitnya penyakit tertentu. Anehnya akar permasalahan yang terinvertarisir dari tahun ke tahun kurang lebih sama.

Pada 2021, musim panas atau kemarau agak lebih panjang dari biasanya, ditambah situasi pandemi COVID-19, tetapi apapun sebabnya banyak peternak ayam ras petelur maupun pedaging yang mengeluhkan berdampak pada pencapaian performa ayam. Akibat penerapan manajemen yang tidak disesuaikan dengan kondisi lingkungan saat itu, ditambah berkurangnya tenaga lapangan yang menangani ayam karena pemberlakuan on-off kerja, maka beberapa penyakit yang teridentifikasi di 2021, juga diprediksi akan terjadi di tahun berikutnya.

• Low Pathogenic Avian Influenza (LPAI). Kejadian penyakit ini terjadi pada ayam petelur walaupun kejadiannya secara sporadis. Serangan penyakit ini paling nyata adalah penurunan produksi telur sangat tinggi tanpa diikuti perubahan organ pasca kematian yang spesifik. Kasus ini banyak terjadi pada peternakan ayam petelur yang melaksanakan vaksinasi kurang terprogram baik dan penerapan biosekuriti kurang memadai. Penggunaan vaksin AI lengkap H5 dan H9 sudah diterapkan, karena kurangnya kontrol terhadap kekebalan yang diperoleh, menyebabkan vaksinasi ulang yang terlambat sehingga ayam terlanjur terinfeksi. Penerapan biosekuriti yang tidak memadai juga merupakan salah satu pemicu atau faktor pencetus utama serangan penyakit AI jenis ini. Dengan kondisi tersebut bukan tidak mungkin penyakit ini merupakan ancaman yang akan tetap eksis di tahun mendatang.

Newcastle Disease (ND). Walaupun untuk menangkal serangan penyakit ini paling banyak diprogramkan dalam program pemeliharaan kesehatan ayam baik pada ayam petelur maupun ayam pedaging, tetapi kejadian ND masih saja terjadi. Kejadian pada ayam pedaging relatif… Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Desember 2021. (AHD)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer