Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini HERBAL, PAHAMI DAN APLIKASIKAN DENGAN TEPAT | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

HERBAL, PAHAMI DAN APLIKASIKAN DENGAN TEPAT

Pemberian obat herbal harus dilakukan dengan dosis dan aturan pakai yang tepat, baik dilarutkan melalui air minum atau dicampur pada ransum. (Foto: Istimewa)

Indonesia merupakan negara tropis dengan kekayaan flora yang begitu beragam. Pemanfaatan dari beragam flora ini salah satunya digunakan sebagai obat. Ya, masyarakat Indonesia sudah sejak dahulu kala menggunakan berbagai flora sebagai pengobatan, dimana orang awam sering menyebutnya sebagai jamu.

Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka, Apakah Sama?
Ketiganya sama-sama tergolong sebagai obat tradisional atau obat herbal. Obat tradisional ini bisa diartikan sebagai bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan mineral, bahan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Jamu, obat herbal terstandar dan fitofarmaka menjadi tiga kriteria obat tradisional yang diklasifikasikan berdasarkan keterbuktian dan standarisasi khasiat, keamanan dan mutu.

1. Jamu
Adalah obat tradisional Indonesia. Pembuktian ilmiah atas khasiat dan keamanannya hanya berdasarkan bukti-bukti secara empiris atau turun-temurun. Biasanya sediaan ini hanya campuran yang sederhana. Bahan baku yang digunakan untuk jamu tidak wajib dilakukan standarisasi, namun tetap harus memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan (farmakope atau peraturan kepala badan).

2. Obat herbal terstandar
Berbeda dengan jamu, obat herbal terstandar (OHT) merupakan sediaan alami yang khasiat dan keamanannya telah terbukti secara ilmiah (uji toksisitas dan farmakodinamika) dengan uji pra klinik. Bahan baku yang digunakan juga telah dilakukan standarisasi, yaitu dilakukan kontrol kualitas. Kontrol kualitas ini dilakukan untuk memastikan... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Maret 2023.

Ditulis oleh:
Hindro Setyawan SPt
Technical Support-Research and Development
PT Mensana Aneka Satwa

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer