Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini LAMBAT TUMBUH YANG SERING KAMBUH | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

LAMBAT TUMBUH YANG SERING KAMBUH

Pertumbuhan ayam merupakan salah satu indikator kesehatan ayam. (Foto: Infovet/Ridwan)

Pertumbuhan ayam merupakan salah satu indikator kesehatan ayam. Semakin baik laju pertumbuhan ayam maka semakin baik pula kesehatan ayam tersebut. Namun berbagai kasus gangguan pertumbuhan ayam masih sering terjadi sehingga dapat mengganggu pencapaian target produksi dan hal ini tentunya sangat merugikan.

Faktor yang Berpengaruh dan Penyebabnya
Banyak faktor yang memengaruhi terjadinya pertumbuhan yang lambat pada ayam dan kebanyakan dilaporkan lebih terkait dengan faktor praktik manajemen pemeliharaan. Faktor-faktor penyebab lambat tumbuh bisa berasal dari lemahnya manajemen yang ada pada pembibitan, namun sering pula ditemukan karena kurang baiknya manajemen yang diterapkan pada peternakan komersial. Faktor-faktor yang dapat menjadi pemicu dan penyebab terjadinya lambat tumbuh pada ayam diantaranya:

• Faktor lingkungan: Kelembapan dan temperatur tinggi dalam kandang, kualitas dan sirkulasi udara dalam kandang yang kurang memadai, serta pencemaran amonia yang tinggi dalam kandang.

• Pakan dan air: Feed intake dari ayam berkurang, kualitas dan keseimbangan nutrisi dalam pakan tidak sesuai dengan nilai gizi yang dibutuhkan (nutrisi pakan tidak sesuai dengan kinerja genetik dari ayam). Kemudian pakan yang tercemar dengan mikotoksin, baik yang diberikan pada induk maupun pada anak ayam itu sendiri dan tingkat pencemaran mikroorganisme patogen dan kadar logam berat dalam air yang cukup tinggi, serta pH air yang tidak sesuai, terlalu asam atau alkalis sehingga berpengaruh pada tingkat konsumsi air minum ayam.

• Perlakuan masa brooding: Meliputi... Selengkapnya baca Majalah Infovet edisi Agustus 2022.

Ditulis oleh:
Drh Yuni
Technical Department Manager
PT ROMINDO PRIMAVETCOM
Jl. DR Saharjo No. 264, JAKARTA
Telp: 021-8300300

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer