Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PENCERNAAN BERMASALAH, PRODUKSI GOYAH | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PENCERNAAN BERMASALAH, PRODUKSI GOYAH

Secara keseluruhan status kesehatan saluran pencernaan ayam yang buruk akan menimbulkan kerugian ekonomi sangat serius. (Foto: Istimewa)

Untuk mencapai target produktivitas ayam pedaging maupun petelur, kesehatan saluran pencernaan harus selalu mendapat perhatian serius agar puncak kemampuan genetik ayam dapat tercapai. Dengan semakin tingginya produktivitas ini, ayam menjadi semakin sensitif terhadap perubahan lingkungan dan ancaman penyakit, sehingga membutuhkan manajemen kesehatan saluran pencernaan yang lebih baik.

Penyakit saluran pencernaan menimbulkan kematian dan gangguan produksi daging maupun telur, meningkatkan jumlah ayam yang harus diafkir, meningkatkan nilai konversi pakan dan menurunkan daya tanggap kebal ayam. Secara keseluruhan, status kesehatan saluran pencernaan ayam yang buruk akan menimbulkan kerugian ekonomi sangat serius. Oleh sebab itu, berbagai ancaman penyakit terhadap kesehatan saluran pencernaan yang berasal dari virus, bakteri, parasit maupun jamur perlu dihilangkan atau dibatasi perkembangannya.

Faktor-faktor pendukung terjadinya penyakit gangguan pencernaan antara lain:

• Iklim dan cuaca. Fluktuasi temperatur atau kelembapan akan meningkatkan stres pada ayam, terutama pada kandang sistem terbuka, sehingga sensitivitas terhadap gangguan penyakit menjadi tinggi.

• Kualitas air minum. Pada peternakan yang menggunakan air permukaan karena sulitnya mendapat air tanah yang dalam, kualitas air minum merupakan masalah utama yang sering menjadi faktor pendukung utama timbulnya penyakit, terutama jumlah koliform yang di atas ambang normal.

• Kualitas pakan. Bahan baku pakan asal biji-bijian yang tidak dikelola dengan baik dapat diganggu dengan tumbuhnya jamur yang menghasilkan toksin.

Program Kesehatan dan Pencegahan Penyakit
Saat ini ancaman penyakit semakin kompleks, sehingga program kesehatan dan pencegahan penyakit semakin banyak dan membutuhkan biaya tinggi, oleh sebab itu harus dilakukan pemilihan program kesehatan dan biosekuriti yang tepat dan efisien.

Lakukan antisipasi dan penanggulangan permasalahan pencernaan di lapangan. Beberapa hal berikut wajib diperhatikan dalam upaya... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Juli 2022.

Ditulis oleh:
Drh Yuni
Technical Department Manager
PT ROMINDO PRIMAVETCOM
Jl. DR Saharjo No. 264, JAKARTA
Telp: 021-8300300

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer