Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MEMINIMALISIR KEGAGALAN VAKSINASI PADA BROILER | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MEMINIMALISIR KEGAGALAN VAKSINASI PADA BROILER

Kunci keberhasilan vaksinasi. (Sumber: Boehringer 2022)

Dalam usaha budi daya ternak ayam broiler, peternak pasti mendambakan agar ayamnya selalu dalam keadaan sehat walafiat. Berbagai cara dilakukan agar ayam selalu dalam kondisi sehat dan performanya prima, salah satunya upaya vaksinasi.

Ayam dikatakan sehat apabila semua kinerja dari sistem organnya berfungsi optimal. Dalam konsep imunologi, kesehatan juga dapat dimaknai sebagai suatu kondisi dimana terjadi keseimbangan antara agen penyebab penyakit serta imunitas tubuh. Dalam hal ini, prinsip kesehatan adalah menekan bibit penyakit seminimal mungkin dan meningkatkan kinerja sistem imun semaksimal mungkin, oleh karenanya dilakukan vaksinasi.

Benteng Pertahanan Tubuh
Guru besar FKH UGM, Prof Michael Haryadi Wibowo, dalam sebuah webinar mengatakan bahwa terdapat beberapa tujuan dan fungsi dari vaksinasi, diantaranya memicu terbentuknya sistem kekebalan ayam sebelum kontak dengan bibit penyakit, melindungi infeksi, mencegah kematian, gejala klinis, gangguan produksi, serta mencegah virus bereplikasi dan melakukan shedding.

“Secara umum vaksinasi adalah benteng pertahanan tubuh bagi ayam, oleh karenanya ibarat hendak mendirikan benteng, maka harus kokoh, pondasinya harus kuat, fungsinya harus jelas dan tidak mudah ditembus oleh musuh seperti apapun, nah inilah inti dari dilakukannya vaksinasi,” tutur Prof Michael.

Ia menambahkan, dibutuhkan langkah strategis dalam suatu kegiatan atau program vaksinasi agar sukses dilakukan sehingga dapat memberi kekebalan tubuh yang maksimal. Ia menyebut ada beberapa macam strategi... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Februari 2023. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer