Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini UPAYA MENJAGA SALURAN PERNAPASAN AYAM AGAR TETAP AMAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

UPAYA MENJAGA SALURAN PERNAPASAN AYAM AGAR TETAP AMAN

Penyakit pernapasan pada ayam menjadi tantangan yang pasti dialami setiap peternak dan seringkali memberi dampak kerugian ekonomi cukup besar. (Foto: Istimewa)

Bernapas adalah salah satu ciri dari makluk hidup. Bernapas merupakan sebuah proses menghirup oksigen (O2) dan melepaskan karbon dioksida (CO2). Pada sistem pernapasan, oksigen yang dihirup akan diserap oleh darah, sedangkan CO2 dikeluarkan dari tubuh karena merupakan sisa dari hasil pembakaran oksigen. Karbon dioksida ini jika tidak dikeluarkan dapat menghasilkan asam yang dapat menjadi racun bagi sel dalam tubuh.

Sedangkan saluran pernapasan merupakan bagian dari tubuh yang berfungsi sebagai tempat lintasan dan tempat pertukaran udara selama proses pernapasan. Pada ayam, saluran pernapasan berperan penting dalam menjaga kondisi tubuh. Bagian-bagian dari saluran pernapasan harus berfungsi dengan baik agar ayam aman dari gangguan penyakit saluran pernapasan. Adapun saluran pernapasan pada ayam dan fungsinya sebagai berikut:

a. Nares (lubang hidung), adalah tempat udara masuk kemudian diteruskan pada celah tekak yang terdapat pada dasar faring yang menghubungkan trakea. Di dalamnya terdapat bulu-bulu halus yang berfungsi untuk memfilter udara yang masuk.

b. Larynx, adalah pintu masuk menuju trakea yang berfungsi menghalau masuknya benda asing ke dalam larynx, jalan masuk udara selama inspirasi, membantu proses menelan makanan, mengatur suara dan membantu mengelola tekanan intra thoracis.

c. Trakea adalah sebuah… Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Mei 2022.

Ditulis oleh:
Ir Syamsidar SPt MSi IPM
Marketing Support PT Sanbio Laboratories

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer