Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini JANGAN SEPELEKAN PERAN AIR MINUM | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

JANGAN SEPELEKAN PERAN AIR MINUM

Air minum bisa menjadi celah bagi agen penyakit untuk menginfeksi ayam. (Foto: Dok. Infovet)

Hampir 80% tubuh manusia mengandung air, begitupun bumi ini yang 70%-nya juga merupakan air. Oleh karena itu sangat tepat apabila air dikatakan sebagai sumber kehidupan. Karena itu air sangat dibutuhkan semua makhluk hidup termasuk ternak unggas, dengan kualitas air minum yang baik membantu menjaga performa unggas tetap stabil.

Bukan Sekadar Cairan 
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak tentu pakan merupakan sumbernya, namun air juga mengandung nutrisi berupa mineral makro maupun mikro yang juga dibutuhkan ternak. Selain itu, mineral yang terkandung di dalam air free of charge alias gratis. Hanya saja tinggal bagaimana peternak dapat menjaga kualitas dari sumber airnya tersebut.

Selain sebagai sumber mineral, air juga memiliki beberapa fungsi dalam fisiologis ayam. Hal tersebut disampaikan oleh Production Lead AS Putra Perkasa Makmur, Daru Wiratomo, dalam sebuah webinar. Beberapa fungsi air yakni sebagai media penyerapan nutrisi, memperlancar pakan melewati saluran cerna, media transportasi nutrisi pada multiorgan, membuang materi yang tak dibutuhkan oleh urine melalui ginjal, regulasi suhu tubuh, serta sebagai cairan pelumas persendian dan berbagai organ.

“Kita sering melupakan fungsi air, ini padahal vital dan esensial. Makanya kita jangan main-main dengan kualitas air di farm kita. Soalnya ayam butuh air untuk minum, kita juga butuh air untuk media pembersih dan disinfeksi, ini penting buat semuanya,” tutur Daru.

Ia melanjutkan bahwasanya air yang hendak diberikan kepada ayam harus memenuhi berbagai kirteria yang baik dari segi fisik, kimia, bahkan mikrobiologis. Ketiganya harus memiliki standar yang baik agar ayam nyaman dan aman dari kondisi penyakit, sebab ayam berpotensi sakit akibat air yang tercemar mikroba patogen atau kualitas fisik dan kimianya buruk.

Peran Ganda Air
Dalam kesempatan yang sama, Rahmad Susilowarno, peternak broiler dari Berkah Putra Chicken mengatakan bahwa… Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Oktober 2023. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer