Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini WEBINAR MENINGKATKAN KUALITAS KERABANG TELUR | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

WEBINAR MENINGKATKAN KUALITAS KERABANG TELUR

Webinar meningkatkan kualitas kerabang telur yang digelar Behn Meyer bekerja sama dengan Novindo. (Foto: Infovet/Ridwan)

PT Behn Meyer bersama PT Novindo Agritech Hutama bekerja sama menyelenggarakan webinar “How to Improve Eggshell Quality” pada Rabu (12/1/2022).

Webinar diawali dengan sambutan dari Executive Director Sales Behm Meyer Chemicals, Teddy Candinegara, beserta Direktur Utama Novindo Agritech Hutama, Drh Irawati Fari.

Acara yang dimulai pada pukul 13:30 WIB menghadirkan narasumber Private Poultry Consultant, Tony Unandar, yang menjelaskan mengenai kualitas kerabang telur pada ayam modern.

“Ternak ayam modern, baik itu layer komersil maupun breeder sudah berkembang luar biasa. Mulai bertelur lebih cepat dengan masa remaja lebih pendek, sudah mampu belajar bertelur di umur 15-16 minggu. Pada broiler breeder juga demikian, terjadi banyak perubahan,” ujar Tony.

Kendati demikian, dengan produktivitas yang tinggi dibutuhkan asupan mineral dan kalsium yang mencukupi bagi ayam. Apabila itu tak terpenuhi, akan berpengaruh pada kualitas telur yang dihasilkan, misal tipis dan mudah retaknya kerabang telur.

 “Telurnya lebih banyak dan beratnya lebih besar membutuhkan banyak mineral dan kalsium. Karena saat ayam di masa produksi akan terjadi pembongkaran kalsium dalam tulang, makin tinggi produksi makin tinggi pembongkaran kalsiumnya,” jelasnya.

“Oleh karena itu tantangan di masa pullet menjadi penting bagaimana kita bisa memberikan asupan mineral dan kalsium yang cukup untuk pembentukan kerangka dan kepadatan tulang. Apabila itu tidak terpenuhi bisa terjadi kelumpuhan atau terjadi osteoporosis ketika ayam di masa produksi dan berakibat pada penurunan nafsu makan yang berdampak pada buruknya kualitas telur yang dihasilkan.”

Hal senada juga diungkapkan Product Manager Intracare B.V, Lee Yee Cheng yang menjadi narasumber berikutnya. Ia mengemukakan dibutuhkan pemberian vitamin D3 dalam mengoptimalkan penyerapan kalsium, magnesium dan fosfor untuk pembetukan tulang dan integritas kerangka, sekaligus pertumbuhan sel dan sistem imum, agar performa ayam optimal. (RBS)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer