Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini AGAR SENANTIASA AMAN DI TIAP TAHUN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

AGAR SENANTIASA AMAN DI TIAP TAHUN

Siap siaga dalam menghadapi penyakit unggas. (Foto: Dok. Infovet)

Menghadapi tahun 2022, seharusnya pelaku budi daya perunggasan lebih aware dengan penyakit apa yang akan datang serta dapat mengantisipasinya. Karena penyakit merupakan salah satu tantangan yang pasti.

Jika bicara prediksi, tentunya tidak akan 100% akurat. Semua tergantung pada yang “di atas”. Namun begitu, tidak ada salahnya memperkirakan dan sedikit “meramal” apa yang akan terjadi di tahun depan, sambil mengambil ancang-ancang agar lebih siap.

Jangan Lengah dengan Penyakit Kambuhan
Konsultan senior perunggasan sekaligus anggota Dewan Pakar ASOHI, Tony Unandar, mengemukakan selama ini penyakit unggas yang terjadi di lapangan masih yang itu-itu saja walau berbeda musim.

“Kalau bisa dibilang kita masih berkutat dengan yang lama dan monoton, serta faktor yang sangat urgent untuk diperbaiki adalah pola pemeliharaan dari peternak kita,” tutur Tony.

Jika tidak ada upaya perbaikan sesegera mungkin, bukan hanya kasus penyakit yang terus berulang, tetapi tingkat keparahannya maupun jenis penyakit baru akan bertambah di masa depan.

“Saya beri contoh sederhana, pernah lihat panen di kandang semuanya langsung diangkut? Tidak kan, jangankan di peternakan kecil, yang besar juga ada begitu. Padahal bagusnya kan all in all out. Lalu kira-kira berapa persen peternakan di Indonesia yang biosekuritinya baik? Mayoritas jelek atau baik biosekuritinya? Saya tanya begitu saja kita langsung tersenyum kecut,” katanya kepada Infovet.

Tony berujar bahwa sebaik-baiknya obat baru yang ditemukan dan riset di bidang penyakit hewan, serta secanggih teknologi berkembang, bila tidak dibarengi... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Desember 2021. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer