Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini JANGAN BIARKAN PENYAKIT PERNAPASAN KERASAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

JANGAN BIARKAN PENYAKIT PERNAPASAN KERASAN

Penyakit pernapasan telah menjadi momok menakutkan bagi peternak unggas di Indonesia. (Foto: Dok. Infovet)

Musim penghujan diperkirakan mulai terjadi pada Oktober dengan curah hujan dikisaran menengah dengan kelembapan di atas 85%. Kondisi tersebut merupakan tantangan bagi kesehatan ayam dan meningkatnya potensi bertahannya bibit penyakit patogen di lingkungan kandang ayam. Pada saat yang bersamaan potensi litter menjadi lebih basah juga meningkat sehingga hal tersebut dapat memicu munculnya kasus penyakit pernapasan pada ayam.

Penyakit pernapasan telah menjadi momok menakutkan bagi peternak broiler dan layer, selain merugikan dari sisi penurunan performa produksi, penyakit ini juga kerap ditunggangi oleh infeksi sekunder lain sehingga menjadi kompleks dan sulit dikendalikan.

Pada ayam broiler modern penyakit ini kerap muncul di awal umur 15 hari ke atas, ditandai dengan kondisi nyekrek, penurunan average daily gain (ADG) dan kenaikan mortalitas. Data yang dihimpun oleh Ceva untuk kasus penyakit masih didominasi penyakit pernapasan seperti Complex Chronic Respiratory Disease (CCRD) pada broiler dan Coryza pada layer.

Berikut dipaparkan dari segi anatomis mengapa ayam lebih rentan terhadap penyakit pernapasan:

- Sistem pernapasan merupakan saluran tertutup yang ujungnya di kantung hawa dan yang menyebar di seluruh rongga tubuh, sehingga memudahkan penyebaran bibit penyakit ke seluruh organ tubuh penting lainnya.

- Kantung hawa sangat minim pembuluh darah sehingga antibiotik akan sulit untuk mencapainya. Jika terjadi infeksi sekunder, pengobatan sangat mustahil untuk menghilangkan 100% mikrobanya.

- Pada broiler modern, proporsi sistem pernapasan dari periode ke periode semakin mengecil dibandingkan berat tubuhnya akibat perkembangan genetik yang sangat progresif, dengan kata lain sistem kekebalan di sistem pernapasan bagian atas makin kecil proposinya.

Untuk mengendalikan kasus pernapasan ini, langkah paling penting adalah… Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Oktober 2021.

Ditulis oleh:
Eko Prasetyo Bayu S, Spt
(Staff Region PT Karya Satwa Mulia, Mustika Grup) &
Drh Sumarno Wignyo
Senior Manager AHS PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer