Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PERAN PAKAN DALAM MENJAGA KESEHATAN USUS | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PERAN PAKAN DALAM MENJAGA KESEHATAN USUS

Usus yang tidak sehat akan berpengaruh terhadap penyerapan zat gizi dari pakan. (Foto: Istimewa)

Pelarangan penggunaan Antibiotic Growth Promotor (AGP) di dalam pakan ternak mengakibatkan peternak harus memperhatikan kesehatan usus karena AGP pada awal penggunaannya ditujukan untuk menekan bakteri yang tidak diinginkan yang terdapat di dalam usus.

Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga terjadi di banyak negara di dunia, dimana Antimicrobial Resistance (AMR) menjadi isu yang harus ditangani. FAO dan juga WHO menekankan bahwa kematian manusia akibat penyakit bakteri yang tidak dapat disembuhkan obat antibiotika akan meningkat di masa mendatang jika pemakaiannya tidak terkontrol lagi. Salah satu penggunaan antibiotika yang kurang terkontrol adalah di sektor peternakan dan pemerintah Indonesia mengambil keputusan untuk melarang AGP dalam pakan.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Usus
Usus merupakan organ penting dalam kehidupan dan produksi ternak karena berbagai hal terjadi di dalamnya. Pertama, usus merupakan lokasi penyerapan zat gizi dari pakan yang akan dipakai untuk mensintesis hasil ternak seperti daging, susu dan telur. Kerusakan usus terutama dinding usus akan mengakibatkan penyerapan zat gizi terhambat dan akan memengaruhi produksi ternak.

Kedua, di bawah vili usus terletak sel-sel penting dalam menghasilkan kekebalan tubuh (imunitas) yang akan berpengaruh terhadap serangan penyakit. Ternak yang jaringan ususnya tidak baik akan menghasilkan kekebalan yang lebih rendah, sehingga ternak lebih mudah sakit dan menekan produksi ternak.

Ketiga, lapisan dinding usus mempunyai cairan yang disebut “mucin” yang merupakan lapisan pertama dalam menangkal masuknya bakteri ke dalam saluran darah yang terdapat dalam usus.

Sudah banyak diketahui bahwa di dalam usus banyak terdapat… Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Februari 2023.

Ditulis oleh:
Prof Budi Tangendjaja
Konsultan Nutrisi Ternak Unggas

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer