Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MENJAJAL KHASIAT SEDIAAN HERBAL PADA TERNAK | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MENJAJAL KHASIAT SEDIAAN HERBAL PADA TERNAK

Sediaan herbal dapat digunakan sebagai terapi kesehatan hewan ternak, termasuk ayam broiler. (Foto: Dok. Infovet)

Sejak zaman dahulu Indonesia dikenal sebagai negara yang memanfaatkan tumbuhan (herbal) sebagai obat. Misalnya saja jamu, yang merupakan perpaduan berbagai jenis tanaman obat yang memiliki khasiat baik bagi tubuh. Kini herbal tidak hanya digunakan pada manusia, namun juga hewan ternak dengan berbagai macam pengembangan dan khasiat.

Ada sekitar 40.000 spesies tanaman di dunia dan sekitar 30.000 diantaranya ada di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan sekitar 9.600-an spesies tanaman telah terbukti memiliki khasiat sebagai obat. Sedangkan 1.000-an diantaranya dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional oleh masyarakat Indonesia.

Kini tren gaya hidup manusia semakin berubah, akibat pandemi COVID-19, masyarakat semakin peduli pada aspek kesehatan. Tren back to nature kian menjamur, dalam hal ini mengonsumsi obat-obatan herbal dan jamu demi menunjang kesehatan seperti sebuah keharusan.

Begitupun dengan hewan, kenyataannya sediaan herbal dapat digunakan sebagai terapi kesehatan hewan ternak maupun hewan peliharaan. Berdasarkan data yang dirilis Medion (2018), sebanyak 30,49% ayam petelur dan pedaging di Indonesia pernah menggunakan sediaan herbal.

Bukan Melulu Jamu
Jamu mungkin sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Penggunaannya juga tidak terbatas hanya pada manusia saja, tetapi juga pada hewan. Sering kali terdengar bahkan terlihat ketika ada kontes ternak, karapan sapi, atau event sejenisnya, pemilik hewan kerap memberikan jamu untuk ternaknya agar kondisinya lebih prima saat kontes.

Namun sebenarnya sedian herbal bukan melulu jamu. Menurut Product Management dari PT Medion, Apt Retnoningtyas SFarm, ada beberapa kategori sediaan berdasarkan pengelompokkannya, yakni… Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Maret 2023. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer