Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PELAKSANAAN DISINFEKSI DALAM BIOSEKURITI PETERNAKAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PELAKSANAAN DISINFEKSI DALAM BIOSEKURITI PETERNAKAN

Disinfeksi untuk kendaraan saat akan memasuki areal peternakan. (Foto: Istimewa)

Saat ini pemakaian disinfektan sudah menjadi hal yang umum dan biasa, sehingga seringkali tidak diperhatikan efektivitas pemakaiannya. Asalkan sudah melakukan disinfeksi dengan menggunakan air dan disinfektan, seakan-akan semua masalah telah selesai dengan tuntas. Hanya beberapa farm dengan manajemen biosekuriti ketat yang secara rutin melakukan evaluasi terhadap keberhasilan pemakaian disinfektan yang sudah rutin diberikan.

Evaluasi terhadap keberhasilan pemakaian disinfektan dapat dilakukan dengan uji pengembangbiakan bakteri. Beberapa bahan organik dari farm diambil untuk dijadikan sampel uji, untuk ditumbuhkan pada media-tumbuh di laboratorium. Setelah itu media-tumbuh akan diuji untuk mengetahui ada tidaknya pertumbuhan bakteri tertentu.

Dari hasil tersebut dapat dilakukan analisis mengenai ada tidaknya bakteri tertentu. Apabila uji ini dilakukan secara rutin, maka dapat dilakukan analisis lebih lengkap karena dapat mengetahui perkembangan maupun penurunan jenis bakteri tertentu. Setelah itu dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan biosekuriti yang diterapkan termasuk didalamnya evaluasi mengenai efektivitas disinfektan.

Perlu disadari bahwa tidak ada disinfektan terbaik untuk semua situasi dan kondisi lingkungan farm. Tentukan terlebih dahulu sasaran pemakaiannya dengan mempertimbangkan penyakit yang menjadi target perlakuan disinfeksi, kondisi lingkungan sekitar farm, material yang akan dilakukan desinfeksi, keamanan bagi ayam, pekerja kandang dan peralatan.

Disinfeksi artinya melakukan proses mencegah terjadinya infeksi atau mencegah masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh ayam. Pelaksanaan disinfeksi biasanya menggunakan bahan kimia tertentu yang bertujuan membunuh mikroorganisme. Bahan kimia tertentu ini dapat bekerja optimal apabila terjadi kontak langsung dengan mikroorganisme, tanpa dihalang oleh bahan/material lain misalnya feses, pecahan telur, bekuan darah, lumpur, karat, debu dan kotoran lain.

Oleh karena itu, proses disinfeksi akan berjalan dengan baik apabila didahului dengan proses sanitasi yang baik. Pemakaian bahan sabun detergen sebelum proses disinfeksi adalah satu prasyarat utama. Sabun detergen berfungsi untuk melarutkan sisa bahan/material organik yang menempel dalam kandang.

Bahan kimia untuk proses disinfeksi biasa disebut sebagai disinfektan, misalnya amonium quartenair, glutaraldehide, phenol, iodium PVP, maupun gabungan diantaranya. Masing-masing mempunyai aktivitas utama terhadap mikroorganisme tertentu. Meskipun demikian, syarat utama disinfektan diantaranya:... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi April 2021.

Drh Yuni
Technical Department Manager
PT ROMINDO PRIMAVETCOM
Jl. DR Saharjo No. 264 JAKARTA
Telp (021-8300300)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer