Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini KENAPA SREEYA MEMBUAT PAKAN DENGAN EKSTRAK NANAS? | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

KENAPA SREEYA MEMBUAT PAKAN DENGAN EKSTRAK NANAS?


Tantangan bisnis perunggasan ada 4 yaitu penyakit, performa, manajemen. Terakhir adalah pemerintah menetapkan non AGP, sehingga pakan tidak memakai AGP dan berefek performa di kandang menurun. Meskipun ada solusi seperti prebiotik namun jatuhnya lebih mahal.

Menjawab tantangan terkait pakan tersebut Sreeya Sewu Indonesia bekerjasama dengan GGP memproduksi pakan yang diberi ekstrak nanas.

Ekstrak nanas mengandung enzim bromelain yang sebenarnya adalah enzim protease. Enzim yang membuat pencernaan ayam menjadi sehat sehingga penyerapan nutrisi di usus jadi lebih baik

Enzim tersebut secara alami ada di pankreas jadi tidak berbahaya bagi tubuh. Selain itu kandungan vitaminnya tinggi dan mempunyai efek anti peradangan.

Sreeya telah mengaplikasikan pakan ekstrak nanas di kandang internal. Dimulai pada populasi kurang dari 1000 ekor kemudian ditingkatkan pada populasi yang lebih besar. Akhirnya pada Juni 2020 lalu mulai diaplikasikan ke free market.

Pada saat dicoba pada populasi kecil, hasilnya dalam 7 hari bobot ayam lebih tinggi, tapi sampai panen berat cenderung sama dengan pakan standar. Lalu dilakukan percobaan dalam skala besar, dan berat pada umur 21 hari ke atas lebih tinggi dari standar.

Feed intake lebih tinggi yang menunjukkan ayamnya sehat dan FCR lebih rendah. Tes yang dilakukan pada usus menunjukkan penyerapan nutrisi lebih baik. Di tingkat konsumen ayam yang diberi pakan ekstrak nanas cenderung lebih disukai secara aroma, tekstur, dan rasa.

(Sumber: Kelvin Mosara, Senior Manager Business Improvement/CRM, PT Sreeya Sewu Indonesia)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer