Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini ALASAN KUNEMAX ADALAH PAKAN KELINCI PEDAGING TERBAIK | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

ALASAN KUNEMAX ADALAH PAKAN KELINCI PEDAGING TERBAIK

Pakan kelinci Kunemax adalah pakan kelinci pelet produksi Gold Coin Indonesia. Pakan kelinci pedaging Kunemax memiliki range produk yang lengkap yaitu Sprinter untuk anak kelinci; Grower untuk kelinci pertumbuhan usia 60-90 hari; dan Breeder untuk induk bunting, jantan dewasa, dan induk menyusui.

Kelinci memang bisa diberi pakan yang mengambil dari alam. Tapi bagaimanapun pakan pelet seperti Kunemax yang dibuat oleh pabrikan lebih sempurna.

Berikut kelebihan pakan kelinci pelet Kunemax dibandingkan pakan dari alam:

Nutrisi Tepat dan Terkontrol

Pakan pelet yang dibuat oleh pabrikan melewati berbagai evaluasi proses produksi mulai analisa penerimaan bahan baku, formulasi ideal, hasil mixing yang rata, proses steam terukur dan pencetakan pelet yang seragam, hingga proses pengemasan yang higienis. Semua tahapan proses tersebut dilakukan terukur dan terkontrol agar menghasilkan pakan yang berkualitas.

Kualitas Konsisten

Karena sudah ditetapkan standar produksi untuk setiap formula yang dibuat, tidak hanya analisa nutrisi, tetapi juga kualitas fisik pakan, sehingga setiap butir pelet pakan memiliki komposisi nutrisi yang sama. Ini membantu menjaga kesehatan dan kinerja kelinci secara stabil, tanpa fluktuasi nutrisi yang dapat terjadi dalam pakan alami.

Kelinci cukup sensitif merespon pergantian pakan, jika pelet terlalu keras atau bahkan terlalu lembut akan mengurangi nafsu makannya. Hal yang sama juga ketika mengganti pakan alam, misalnya sebelumnya dikasih rumput hijau, kemudian diganti jerami kering, respon utama yang terlihat umumnya kurang nafsu makan dan hal ini akan mengganggu keseimbangan mikroflora ususnya.

Formulasi Ideal Sesuai Umur dan Status Fisiologis

Jika sepanjang hidupnya kelinci hanya diberikan rumput atau jerami, kemungkinan potensi genetik dari kelinci tidak bisa muncul optimal. Kebutuhan nutrisi anak kelinci tentunya berbeda dengan kebutuhan nutrisi untuk induk kelinci yang bunting atau menyusui. Saat ini Gold Coin membuat 3 fase pakan kelinci, yaitu Sprinter untuk anak kelinci, Grower untuk kelinci pertumbuhan dan Breeder untuk kelinci bunting dan menyusui. Setiap fase tersebut mempunya formulasi pakan yang berbeda untuk kebutuhan energi, asam amino, mineral dan juga additives penunjang kesehatannya.

Aman, Bersih dan Higienis

Penggunaan pakan alami terutama tanaman liar beberapa mempunyai sifat yang berbahaya dan mematikan bagi kelinci. Antinutrisi seperti goitrogen, gossypol, lectins, mimosine, trypsin inhibitor, pyrrolizidine alkaloids, saponine dan nitrates masing-masing memiliki efek negatif yang berbeda derajat keparahan dan level toxic-nya. Hasil residu pertanian seperti urea dan pestisida/herbisida juga perlu menjadi perhatian khusus ketika memberikan pakan alami ke kelinci. Belum lagi bahaya mycotoxin yang sangat jelas mengganggu reproduksi dan angka kelahiran pada kelinci.

Pakan pabrikan tentunya memperhatikan semua aspek tersebut, penggunaan toxin binder wajib dilakukan. Penerimaan bahan baku yang bersih dan berkualitas, serta proses produksi yang terkontrol menjadikan pakan lebih higienis dan bebas kontaminan dibandingkan pakan alami. Kebersihan dan higienitas ini juga membantu menceegah penularan penyakit memastikan keamanan pangan bagi hewan konsumen dan manusia.

Kemudahan dan Ketersediaan

Pakan pelet tersedia sepanjang tahun dan tidak tergantung pada musim atau cuaca. Ini penting terutama di daerah dengan perubahan musim yang drastis, di mana pakan alami mungkin tidak selalu mudah didapatkan. Pakan pelet lebih praktis dibandingkan harus mengarit rumput/hijauan/hasil pertanian, perlu gudang atau area yang cukup untuk menyimpan dan menyiapkan rumput/hijauan, serta melibatkan tenaga kerja lebih banyak. Belum lagi jika ada hijauan yang sudah rusak atau busuk menjadi kerugian bagi peternak.

Optimalisasi Pertumbuhan dan Efisiensi Cost Produksi

Pakan pelet dirancang agar memiliki tingkat konversi pakan yang lebih baik, artinya lebih sedikit pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan pertumbuhan atau produksi yang diinginkan. Bagi kelinci, pakan pellet seharusnya bisa dibuat untuk menambah palatabilitas dan adanya tambahan vitamin, mineral, asam amino dan supplement lainnya yang homogen di setiap butir pellet diyakini mampu meningkatkan performa kelinci.

Kandungan Kunemax Yang Membuatnya Menjadi Pakan Kelinci Terbaik

Kenapa Kunemax adalah pakan kelinci yang bagus, karena kandungannya diantaranya sebagai berikut.

Prebiotik, Probiotik, dan Fitogenik

Semua varian pakan Kunemax mengandung prebiotik dan probiotik. Organ pencernaan kelinci sangat sensitif, hingga 85% mortalitas kelinci disebabkan masalah pencernaan.

Prebiotik meningkatkan jumlah dan keberagaman bakteri baik di usus kelinci. Sedangkan probiotik mengandung berbagai strain bakteri baik yang membantu mengontrol pertumbuhan bakteri patogen dan menjaga keseimbangan mikrobiota usus.

Prebiotik dan probiotik bersama-sama membantu memelihara kesehatan usus kelinci. Ketika pencernaan sehat, mortalitas akan turun drastis yang berimbas pada produksi yang bagus.

Kandungan fitogenik dalam Kunemax berfungsi mengurangi bau feses dan urin kelinci. Fitogenik Kunemax sudah terukur sehingga tidak mengganggu sistem pencernaan kelinci atau menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan.

Asam Organik sebagai Antimikroba Alami

Kunemax Starter mengandung asam organik yang digunakan untuk menjaga integritas usus. Yaitu sebagai sumber energi utama sel usus, sehingga diharapkan vili usus dapat berkembang dengan baik. Juga mempunyai efek langsung membunuh patogen dengan cara penurunan pH, gangguan metabolisme, dan menghambat aktivitas enzim mikroorganisme.

Asam Amino untuk Pertumbuhan Kelinci Lebih Cepat

Kunemax Grower mempunyai kandungan asam amino dalam jumlah yang seimbang dan mencukupi, yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan kelinci lebih cepat. Dengan cara membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang terus tumbuh. Mengembangkan massa otot yang lebih besar, yang dapat meningkatkan berat badan dan pertumbuhan kelinci.

Asam amino berperan dalam produksi hormon pertumbuhan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan dalam tubuh. Juga berperan dalam proses penyerapan nutrisi dari pakan yang dikonsumsi.

Kunemax Breeder, Nutrisi Tepat untuk Breeding

Kunemax Breeder hadir untuk membantu permasalahan yang dihadapi peternak kelinci, yaitu kurang optimalnya reproduksi kelinci karena pakan yang diberikan kurang tepat. 

“Hasil bincang dan diskusi kami ke beberapa wilayah central produksi kelinci di Indonesia, mulai dari Batu Malang hingga ke Medan, menemukan permasalahan yang sama. Yaitu kurang optimalnya reproduksi kelinci karena pakan yang diberikan kurang tepat,” kata Country Nutritionist, Assistant Vice President-Nutrition & Research, Gold Coin Indonesia, Sahera Nofyangtri. “Beberapa kali kami melihat pada saat produksi bunting dan menyusui, peternak kelinci memberikan pakan konsentrat sapi, baik laktasi maupun bunting. Ketidaksesuaian kebutuhan nutrisi ini seringkali fatal akibatnya, mulai dari membuat kelinci kegemukan, diare hingga kematian. Permasalahan lain yang ditemukan umumnya body scoring condition induk setelah lahiran dan menyusui susut banyak, sehingga butuh waktu cukup lama mengembalikan kondisi tubuh ideal indukan.”

Untuk itulah Kunemax Breeder didesain khusus untuk kelinci fase fisiologis bunting dan menyusui. Sehingga bisa meningkatkan produksi susu, mengurangi efek stres, dan meningkatkan kesuburan indukan. Mempunyai palatable signifikan untuk mengatasi induk fase bunting yang ada kalanya kurang nafsu makan. Formulasi khusus Kunemax dirancang untuk merangsang nafsu makan yang baik, selama pakan yang diberikan fresh maka akan sangat tercium aromatic khusus seperti kombinasi wangi manis dan rumput alami yang disukai kelinci.

Sahera menambahkan, “Semua pakan Kunemax menggunakan hijauan yang dibudidaya khusus di Indonesia dan sudah melalui beberapa tahapan penelitian yang khusus dilakukan untuk kelinci. Gold Coin sangat concern menggunakan bahan baku berbasis lokal dan berkualitas.”

Pakan kelinci Kunemax bisa didapatkan dengan menghubungi:

081517888881
Hotline 021 88892222
https://www.goldcoin-group.com/

(NDV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer