Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini ILC EDISI V: BIOSEKURITI DAN VAKSINASI TEPAT UNTUK AYAM SEHAT | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

ILC EDISI V: BIOSEKURITI DAN VAKSINASI TEPAT UNTUK AYAM SEHAT

Kombinasi biosekuriti dan vaksinasi yang baik akan menghasilkan ayam sehat dan produktif. (Foto: Ist)

Edukasi rutin dan berkesinambungan merupakan cara yang baik demi suksesnya kolaborasi program biosekuriti dan vaksinasi, sebagai upaya efektif mencegah penyakit agar ayam sehat dan produktif. Hal itu perlu ditekankan karena permasalahan lapangan yang kerap kali muncul dalam suatu farm adalah edukasi kepada sumber daya manusia yang bekerja mengenai pentingnya penerapan biosekuriti yang baik demi suksesnya program vaksinasi.

Sementara program vaksinasi akan berjalan efektif jika dilaksanakan dengan tata laksana penanganan vaksinasi yang baik dan benar, meliputi pengiriman, penyimpanan, persiapan, pelaksanaan dan tindakan setelah vaksinasi. 

Hal itu mengemuka dalam Indonesia Livestock Club (ILC) #Edisi5 yang diselenggarakan Badan Pengembangan Peternakan Indonesia (BPPI) bersama Indonesia Livestock Alliance (ILA), Rabu (22/7/2020).

ILC mengusung tema “Biosekuriti & Vaksinasi Tepat: Ayam Sehat dan Produktif” menghadirkan narasumber Guru Besar FKH UGM, Prof Dr Michael Haryadi Wibowo, yang membahas tentang strategi vaksinasi dan biosekuriti tepat, hasilkan ayam sehat dan terjaga performa produktivitasnya.

Dalam paparannya Haryadi menjelaskan tentang target perlindungan vaksin yang harus dilakukan dengan beberapa langkah. Upaya tersebut antara lain identifikasi problem penyakit yang ada di farm, data epidemiologi penyakit, pemahaman tentang karakter patogen yang diidentifikasi, virulensinya, proteksi silang dan target kekebalan yang ditimbulkan oleh jenis patogen tersebut. 

“Data tersebut berguna untuk menentukan jenis vaksin, kapan diberikan, berapa kali vaksinasi dilakukan, apakah vaksin rutin atau insidental,” kata Haryadi.

Selain dia, adapun pemateri lain diantaranya Technical and Marketing Manager Ceva Animal Health Indonesia, Drh Ayatullah M. Natsir dengan materi kiat sukses program vaksinasi budi daya ayam, serta Pemilik Sekuntum Herbal Farm, Kusno Waluyo SPt MM yang memaparkan tentang pengalamannya dalam menerapan biosekuriti untuk kesehatan dan performa ayam. (IN)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer