Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PAKAN PRODUKSI MAHASISWA UNISLA INI TINGKATKAN BOBOT TERNAK | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PAKAN PRODUKSI MAHASISWA UNISLA INI TINGKATKAN BOBOT TERNAK

Pakan PelletKu produksi mahaasiwa Fapet UNISLA (Foto: Istimewa)



Mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Islam Lamongan (UNISLA) berinovasi dengan membuat produk pakan ternak unggul dengan brand "PelletKu".

PelletKu merupakan pakan ternak produk mahasiswa Fapet UNISLA yang diikutsertakan dan dinyatakan lolos dalam seleksi Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019, program Kementerian Riset dan Teknologi yang diikuti seluruh mahasiswa Indonesia.

"Ide bisnis dari mahasiswa kami salah satunya adalah memproduksi pellet untuk pakan sapi dan kambing dengan label PelletKu,” ungkap Kaprodi Fapet UNISLA, Wahyuni SPt, MSi, dihubungi Redaksi Infovet, Selasa (8/10/2019).

Pekan lalu, Didin Harianto mahasiswa Fapet UNISLA beserta rekan satu kelompok mensosialisasikan PelletKu di hadapan para peternak Desa Tenggulun, Kecamatan Solokuro, Lamongan.

(Dari kiri ke kanan) Didin Harianto, Kades Tenggulun, Nova Dinda Natasyah.

Konsentrat pakan ini memiliki keunggulan membuat ternak sehat dan bobot meningkat dengan cepat. Selain itu, ternak tidak perlu lagi diberi pakan tambahan, karena PelletKu sudah termasuk complete feed atau sudah memenuhi kebutuhan gizi ternak dan formulasinya sudah lengkap.

“Keunggulan lainnya adalah pakan ini tidak berdebu, sehingga pakan yang diberikan tidak mempengaruhi kesehatan ternak,” kata Wakil Dekan Fapet UNISLA, Dyanovita (Novi) Al Kurnia SPt, MAgr, Selasa (8/10/2019). 

Lebih lanjut dijelaskan Novi, PelletKu diolah dengan bahan baku dedak, kedelai, pollard molasses (silase jerami jagung) dan berbagai limbah pertanian lain yang mudah diperoleh di kawasan Lamongan.  

“Rencananya, pakan ini akan diproduksi dalam jumlah banyak dan nantinya di-trial oleh mahasiswa Fapet semester akhir,” ungkap Novi.

Novi berharap, ke depan usaha mahasiswa Fapet UNISLA ini tetap berjalan dan terus mengembangkan jangkauan ke pasar yang lebih luas.

Kelompok mahasiswa Unisla yang mengikuti KBMI 2019 ini diketuai Didin Harianto dengan Abdullah Fanani, Nur Khasanah, Arya Adhi Prasetyo dan Nova Dinda Natasyah sebagai anggota. (NDV)



Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer