-->

PRANCIS KHAWATIR DENGAN PETERNAKAN UNGGAS RAKSASA UKRAINA DI KROASIA

Organisasi industri unggas Perancis, Anvol, telah ‘memberikan peringatan’ atas rencana 2 perusahaan Ukraina untuk membangun peternakan unggas raksasa di Kroasia. Proyek ini akan menambah produksi tahunan sebesar 45 juta unggas dari produksi Kroasia saat ini sebesar 235 juta ekor.

Di bawah tekanan dari para peternak unggas, khususnya di Perancis, UE baru-baru ini memberlakukan kembali pembatasan jumlah ayam yang dapat diimpor bebas bea dari Ukraina. Namun batasan tersebut tidak berlaku untuk unggas yang diproduksi oleh perusahaan Ukraina di negara UE. Dengan kata lain, dengan membangun peternakan unggas skala besar di Kroasia, mereka dapat memperoleh keuntungan penuh dari pasar internal yang bebas.

“Proyek-proyek di Kroasia tidak diragukan lagi akan mengarah pada gelombang ayam yang bertentangan dengan harapan konsumen dan semua prinsip Uni Eropa. Unggas-unggas ini, yang berasal dari jenis peternakan unggas yang tidak ada di Eropa, merupakan ancaman bagi produksi Perancis dan model peternakan keluarga di Eropa. Selain itu, persaingan biaya rendah di pasar nasional Prancis akan menjadi kendala lebih lanjut terhadap kedaulatan pangan negara kita,” kata Anvol.

Rencana tersebut dikembangkan oleh 2 perusahaan agro besar Ukraina, MHP dan PCC. MHP ingin membangun 200 kandang yang menampung 8 juta ekor ayam. Lokasi yang terintegrasi penuh ini juga memiliki tempat penetasan, pabrik pakan, rumah potong hewan, akomodasi pekerja dan fasilitas lainnya. Organisasi Perancis tidak memberikan rincian tentang proyek lainnya.

Menjelang pemilu Eropa, Anvol meminta otoritas UE serta calon parlemennya untuk tidak mengalokasikan dana Eropa untuk proyek-proyek ini. Organisasi Perancis tersebut menyatakan bahwa sejak tahun 2008, MHP telah menerima total €400 juta dari Bank Pembangunan Eropa untuk pembangunan di Ukraina sendiri.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer