-->

KAZAKHSTAN MENUNTASKAN RENCANA UNTUK MENGHENTIKAN IMPOR AYAM BROILER DARI AS

Pemerintah Kazakhstan telah menyetujui rencana untuk meningkatkan produksi unggas dalam negeri sebesar 200.000 ton hingga tahun 2026 berkat perluasan 4 peternakan ayam broiler besar. Langkah ini akan mengakhiri ketergantungan selama satu dekade terhadap pasokan unggas asing, terutama dari Amerika.

Berdasarkan rencana tersebut, Bank Pembangunan Kazakhstan akan memberikan pinjaman lunak kepada peternakan unggas terkemuka Canadian Chicken Limited, Alel Agro, Prima Kus, dan Aitas KZ untuk meningkatkan kapasitas produksi mereka pada tahun 2025 dan 2026.

“Produksi unggas di Kazakhstan mencapai 328.000 ton per tahun. Tambahan 200.000 ton ini akan membantu menyelesaikan masalah ketergantungan impor dan memulai ekspor,” kata kantor perdana menteri Kazakhstan dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa Bank Pembangunan Kazakhstan akan mendanai 14 proyek di sektor pertanian senilai hampir 285 miliar tenge (US$640 juta) secara total.

Selama beberapa tahun terakhir, Kazakhstan telah menunjukkan komitmen teguh terhadap industri unggasnya, secara konsisten meningkatkan bantuan kepada peternak unggas dan mendorong dunia usaha untuk memperluas produksinya.

Pada tahun 2023, misalnya, 21,7 miliar tenge (US$49 juta) dibelanjakan dari anggaran nasional untuk mendukung industri unggas, termasuk 21,4 miliar tenge (US$48 juta) untuk mengganti sebagian biaya sepanjang rantai nilai dan 336,8 juta tenge (AS $1 juta) untuk pembelian day old breeding.

Tujuan pemerintah Kazakhstan untuk menjadikan negaranya swasembada daging unggas didorong oleh kebutuhan untuk menjamin keamanan pangan dan menstabilkan harga dalam menghadapi gejolak harga di negara-negara tetangga. Di Rusia, yang memiliki pasar yang sama dengan Kazakhstan dalam Uni Ekonomi Eurasia, pasar unggas telah mengalami gejolak sejak tahun 2023, kata ekonom lokal Tulegen Askarov. Meskipun unggas Rusia hanya menguasai sebagian kecil impor Kazakh, pasar Kazakhstan sangat bergantung pada dinamika harga mitra dagangnya di wilayah utara.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer