Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini KOLABORASI BANK QURBAN DIGITAL NUSANTARA DAN DINAS PETERNAKAN PASTIKAN HEWAN KURBAN BEBAS PMK | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

KOLABORASI BANK QURBAN DIGITAL NUSANTARA DAN DINAS PETERNAKAN PASTIKAN HEWAN KURBAN BEBAS PMK

Hewan Kurban Yang Disiapkan Bank Qurban Digital Nusantara

Lembaga penyalur hewan kurban, Bank Qurban Digital Nusantara memastikan kesehatan hewan-hewan milik mitra peternak mereka di berbagai pelosok daerah di Indonesia.

Direktur Utama dari PT Bank Qurban Digital Indonesia Zaenal Arifin mengatakan, demi memastikan hewan kurban sehat, ia bekerjasama dengan para peternak lokal, serta dengan petugas Dinas Kesehatan setempat. 

Hal ini guna memastikan hewan-hewan yang akan menjadi hewan qurban para donatur terbebas dari PMK.

Sekitar 15 ribu ekor kambing/domba, dan 500 ekor sapi sudah disiapkan oleh mitra-mitra peternak Bank Qurban di berbagai daerah, seperti Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, hingga Sulawesi Barat. “Sejak 2010 memang Bank Qurban sudah membagikan daging qurban ke masyarakat di sekitar kandang peternak mitra, jadi sesuai dengan imbauan dari Pemerintah” ujar Zaenal.

Ia menyebut pembersihan kandang dilakukan setiap hari, serta penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan kesehatan hewan rutin terus dilakukan oleh para peternak mitra Bank Qurban.

"Apabila ditemukan hewan qurban yang terindikasi tertular PMK, para mitra peternak kami sudah menyiapkan kandang isolasi yang terpisah dari hewan ternak yang sehat” lanjut Zaenal Arifin.

Bank Qurban juga menggandeng para dokter hewan lokal yang akan mengawasi, mengisolasi dan mengobati hewan yang sakit.

Sebelum disembelih saat Idul Adha nanti, hewan qurban akan dipastikan kesehatannya oleh dokter hewan.

Seorang dokter hewan yang bekerja sama dengan mitra-mitra peternak Bank Qurban di wilayah Bogor, Jawa Barat Drh. Taufik Iskandar menyampaikan pentingnya penyalur-penyalur donasi kurban seperti Bank Qurban untuk terus bekerja sama dengan dokter-dokter hewan di dekat para peternak.

“Inisiatif yang dilakukan oleh Bank Qurban untuk melibatkan dokter hewan dalam memastikan kesehatan hewan qurban yang akan disembelih patut diapresiasi. Komitmen untuk membagikan daging qurban yang sehat dan terbebas dari wabah PMK ini adalah bagian penting agar dari kewaspadaan bersama,” Ujar drh. Taufik Iskandar. (INF)



Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer