Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MEMBUAT PAKAN AYAM LOKAL | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MEMBUAT PAKAN AYAM LOKAL

 


Bagaimana membuat pakan ayam lokal secara mudah dan murah? Peneliti Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Dr Cecep Hidayat SPt MSi menerangkan secara teknis. Dalam kegiatan Bimtek Virtual, Rabu (28/7), Cecep menguraikan antara lain: 

1. Timbang bahan pakan yang akan digunakan sesuai dengan formulasi ransum yang telah dibuat.

2. Pisahkan bahan pakan  yang telah ditimbang tersebut berdasarkan jumlahnya, ada kelompok dengan jumlah besar dan kecil.

3. Untuk Bahan pakan dengan kuantitas kecil, seperti mineral kalsium, fosfor, asam amino metionin, lysin disatukan terlebih dahulu semuanya menjadi satu. Lalu campur (campuran 1). 

4. Campur bahan pakan hasil menimbang dengan jumlah besar, seperti  contoh jagung, dedak, bungkil kedelai dan lain-lain.

5. Ambil sekitar 1-3 kg campuran 2, masukan ke campuran 1, lalu campurkan. Hasil pencampuran tersebut dimasukan ke campuran 2. Lalu campur campuran 1 dan 2 tersebut sampai mencampur dengan baik.

6. Ransum sudah bisa digunakan.


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer