Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini AI DAN COVID-19 MENDORONG HARGA BROILER POLANDIA NAIK TINGGI | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

AI DAN COVID-19 MENDORONG HARGA BROILER POLANDIA NAIK TINGGI

Harga grosir rata-rata unggas di Polandia melonjak 33% selama tahun lalu, mencapai PLN3,99 per kg (US$ 1,02). Ini merupakan level tertinggi sejak 2014. Harga rata-rata daging kalkun naik 40%, mencapai angka tertinggi yang pernah ada, PLN 6,50 per kg (US$ 1,67).

Kementerian Pertanian Polandia memperkirakan harga rata-rata ayam mencapai PLN 6,64 (US$ 1,7) per kg, naik 56% dibandingkan dengan tahun lalu. Bank PKO BP memperkirakan bahwa pada paruh kedua tahun 2021, harga bisa naik lagi 20-25%. Alasan utama di balik tren ini adalah kenaikan biaya pakan, rendahnya dinamika pemotongan ayam di seluruh UE, dan epidemi flu burung (AI) yang terus berlanjut. Meskipun ada kenaikan harga, peternak unggas Polandia dilaporkan mengalami penurunan profitabilitas selama tahun lalu.

Antara November 2020 dan Juni 2021, Polandia mencatat 355 wabah AI. Epidemi melanda peternakan dengan 13,9 juta unggas, termasuk 1,9 juta kalkun. Wabah terakhir tercatat pada akhir Juni di provinsi Masovian di sebuah peternakan non-komersial dengan 106 unggas.

Ekspor unggas Polandia turun sebesar 2,3% pada paruh pertama tahun 2021. Polandia adalah pengekspor unggas terbesar di Uni Eropa, dan ekspor merupakan tulang punggung industri unggas negara tersebut. Permintaan yang lebih rendah memaksa perusahaan untuk memotong harga ekspor. (via poultryworld.net)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer