Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini HEMAT BIAYA PAKAN ALA FARMA SEVAKA NUSANTARA | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

HEMAT BIAYA PAKAN ALA FARMA SEVAKA NUSANTARA


Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam usaha peternakan, pakan merupakan komponen penyumbang biaya tertinggi. Oleh karenanya dibutuhkan berbagai macam trik dalam mengakali biaya pakan agar lebih efisien.

PT Farma Sevaka Nusantara merasa terpanggil untuk membantu peternak dan produsen pakan dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Bertempat di Hotel Harris Surabaya, Selasa 2 Juli 2019 PT Farma Sevaka Nusantara mengadakan seminar yang bertajuk Optimization of Nutrient Digestibility & Feed Mixing Cost by Novel Enzymes. Seminar tersebut dihadiri oleh peternak, produsen pakan dan praktisi perunggasan.

Drh I Wayan Wiryawan selaku Direktur PT Farma Sevaka Nusantara mengingatkan akan pentingnya kualitas pakan dalam menunjang performa ternak. “Kita harus memberikan pakan yang berkualitas dan harus bisa terserap sepenuhnya oleh ternak kita dengan biaya yang murah. Bicara nutrisi bukan melulu soal kadar protein, tetapi juga kandungan gizi lainnya,” tukas Wayan. Ia melanjutkan bahwa jika ternak tercukupi kebutuhan nutrisinya, maka selain performanya akan baik produksi akan maksimal pula. Oleh karenanya ia bersama timnya concern untuk memberikan edukasi berkelanjutan utamanya pada peternak akan hal ini.

Peserta dan Narasumber berfoto bersama (Foto : CR)


Pentingnya Suplementasi Enzim

Seminar kemudian diisi oleh Prof. Dr. Ir. Nahrowi, M.Sc Ketua Umum Asosiasi Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia. Dalam presentasinya Prof. Nahrowi banyak menjelaskan mengenai zat – zat antinutrisi serta potensi bahan baku pakan yang tidak termanfaatkan dengan baik dalam suatu formulasi ransum.

Oleh karenanya beliau mengingatkan kepada para peserta tentang pentingnya penggunaan enzim secara ekosgen dalam memecah substrat yang tidak dapat dicerna oleh ternak, utamanya monogastrik. Beliau juga berbicara banyak mengenai potensi bahan baku alternatif seperti Palm Kernel Meal (PKM). “Saya sedang fokus di PKM, karena Negara kita penghasil sawit terbesar, potensinya sangat baik sebagai bahan baku alternatif dan jumlahnya yang banyak di Negara kita, harganya pun murah,” kata Prof. Nahrowi. Namun menurut beliau memang dibutuhkan trik khusus dalam mengloah PKM agar dapat termanfaatkan dengan baik secara menyeluruh.

Memilih Enzim Yang Tepat

Suplementasi enzim yang tepat akan menghasilkan ransum yang berkualitas baik dengan energi metabolism yang mencukupi bagi ternak. Dengan kecenderungan kenaikan harga bahan baku pakan disertai dengan menurunnya kualitas bahan pakan, rasanya menggunakan enzim untuk meningkatkan kualitas serta mengefisienkan formulasi di masa kini adalah suatu keharusan.

Dr. Saurabh Agarwal dari Alivira Animal Health menjabarkan lebih jauh mengenai prinsip penggunaan enzim, fungsi – fungsi enzim, serta tips dalam memilih enzim. “Pemilihan enzim yang tepat ini penting, karena enzim harus digunakan pada substrat yang tepat. Enzim juga harus tahan pada segala kondisi pH dan tidak gampang terdegradasi oleh suhu pelleting,” pungkasnya.

Dengan memanfaatkan enzim sebagai katalisator dalam suatu ransum, harapannya produsen pakan dan peternak selfmixing dapat membuat pakan dengan kualtas yang prima namun harganya murah dan tetap efisien. (CR)



Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer