Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini Small Animal Acupuncture Class di Rumah Sakit Hewan Pendidikan FKH IPB | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

Small Animal Acupuncture Class di Rumah Sakit Hewan Pendidikan FKH IPB

Kegiatan Small Animal Acupuncture Class (Foto: Istimewa)

Small Animal Acupuncture Class merupakan program yang dimiliki Chi Institute of Traditional Chinese Veterinary Medicine di Reddick, Florida, USA. Program tersebut merupakan pelatihan pengobatan akupuntur untuk small animal.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pelayanan kesehatan hewan di wilayah Asia Pasifik, Chi Institute mengembangkan program Small Animal Acupuncture Class di beberapa negara seperti China, Taiwan, Korea, Jepang, dan Indonesia. Program Small Animal Acupuncture Class ini terdiri dari 5 sesi yang dijalankan secara online dan onsite.

Di Indonesia, sesi 1-2 onsite telah dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana, Bali. Dilanjutkan dengan sesi 3-4 onsite yang bertempat di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor. Sedangkan sesi 5, yang disertai dengan ujian tertulis dan lisan, bertempat di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Small Animal Acupuncture Class sesi 4 terlaksana di Rumah Sakit Hewan Pendidikan FKH IPB pada  12-14 Desember 2018. Pada sesi ini, diikuti 18 orang peserta dokter hewan yang berasal dari 6 negara yaitu Indonesia (6 orang), Malaysia (6 orang), Singapura (3 orang), Filipina (1 orang), India (1 orang), dan Hong Kong (1 orang).

Foto bersama peserta

Sesi 4 terdiri dari kegiatan seminar (review sesi 1-4 online) dan workshop (canine point lab) yang berlangsung selama 3 hari. Pada hari terakhir, para peserta juga diperkaya dengan beberapa contoh kasus klinis yang dapat ditangani dengan akupuntur maupun modalities yang lain seperti herbal medicine, tui na massage dan food therapy.

Ketua PB PDHI (kiri) beri sambutan

Acara berlangsung dengan lancar dan sukses. Kegiatan hari pertama dibuka oleh Ketua PDHI Cabang Jawa Barat II, Drh Soenarti D. Waspada, MS, MARS dan Direktur Eksekutif RSHP FKH IPB, Prof Drh Deni Noviana, PhD, DAiCVIM. Pada hari ketiga, peserta juga dikunjungi oleh Ketua PB PDHI, Drh M. Munawaroh, MS yang sekaligus memberikan sertifikat kepada para peserta. (INF)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer