Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini Penuhi Kebutuhan Susu Masyarakat Banyumas, UPT Pembibitan Ternak Sapi Didirikan | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

Penuhi Kebutuhan Susu Masyarakat Banyumas, UPT Pembibitan Ternak Sapi Didirikan

Foto: Pixabay


Berlokasi di Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pembibitan Ternak Sapi didirikan. Bupati Banyumas Achmad Husein berharap, keberadaan bibit sapi perah di UPT ini di masa mendatang dapat memenuhi kebutuhan susu bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

''Ketika UPT ini nantinya semakin besar, diharapkan bisa menyumbang kebutuhan protein masyarakat, khususnya anak-anak di Banyumas,'' kata dia, seperti dikutip dari laman republika.co.id.

Lebih lanjut, Achmad menuturkan pengadaan sapi perah di UPT akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, sapi perah yang ada 10 ekor. Achmad  berharap, dalam waktu dekat bertambah sebanyak 50 ekor sapi perah, sesuai dengan kapasitas peternakan.

''Jika  sudah mulai memproduksi susu, kita akan atur secara bergantian pendistribusian susunya,'' ujarnya.

UPT yang bernaung dibawah Dinas Perikanan dan Peternakan ini dibangun di atas lahan seluas 18 hektar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Sugiyatno mengatakan pembangunan peternakan dilakukan secara bertahap sejak 2016 dari mulai membangun kandang, kantor, penanaman rumput gajah, serta pengadaan indukan sapi sebanyak 10 ekor.

''Tahun 2019 dan 2020, kami merencanakan mengadakan pembelian sapi masing-masing 20 ekor dan membangun kandang pedet,'' katanya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulistiono, mengatakan pihaknya juga akan memaksimalkan potensi yang ada di UPT Pembibitan Ternak Menggala.  “Kita juga akan memperbanyak anakan sapi di UPT dengan cara melakukan inseminasi buatan,” tutupnya. (NDV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer