Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini Meriahkan HATN 2018, Seminar Perunggasan Digelar | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

Meriahkan HATN 2018, Seminar Perunggasan Digelar

Alfred Kompudu saat memaparkan presentasi di hadapan 300 peserta (Foto: Bams)

Seminar perunggasan digelar di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara (Sulut) Jumat (14/9/2018) sebagai rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) 2108. Hadir sebagai pembicara, Ir Bambang Suharno (Panitia Pusat HATN dan Pemred Infovet), Ricky Bangsaratoe (Ketua Bidang Usaha dan Promosi Pinsar Indonesia ), Alfred Kompudu (FAO Indonesia) dan Dr Ir Jola JMR Londok MSi (pakar nutrisi ternak dari Fapet Unsrat).

Gedung Rektorat Unsrat, Manado sebagai tempat penyelenggaraan seminar dipenuhi sekitar 300 peserta. Seminar dibuka oleh Dekan Fapet Unsrat, Dr Ir Johanes RL Tulung MS.

Dalam presentasinya, Bambang Suharno menyampaikan, pertumbuhan perunggasan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dalam 5 tahun belakangan ini lebih tinggi dibanding Kawasan Barat Indonesia (KBI). Populasi ayam petelur di KBI selama lima tahun (2012-2016) tumbuh 9,8 % sedangkan di KTI terjadi pertumbuhan 53,3%. Pada periode yang sama, populasi ayam broiler di KBI sebesar 16% sedangkan di KTI tumbuh hampir 10  kali lipat yaitu sebesar 111%.

Sementara itu, perunggasan Sulut saat ini secara umum lebih tinggi dibanding rata-rata pertumbuhan perunggasan di KTI. Populasi ayam broiler di Sulut dalam periode 2012-2016 naik 280%, lebih dari dua kali lipat dari pertumbuhan di KTI yang sebesar 111%. Seiring dengan tumbuhnya pariwisata di Sulut, pertumbuhan perunggasan Sulut diperkirakan akan lebih cepat lagi, karena semakin banyak hotel dibangun, kebutuhan telur dan daging ayam otomatis meningkat.

Selain itu dengan kegiatan edukasi konsumsi ayam dan telur, akan mendorong tumbuhnya konsumsi ayam dan telur. “Ini artinya prospek perunggasan di Sulut sangat baik,” ujar Bambang.

Makan telur, sebagai simbol  dimulainya kampanye ayam dan telur dalam rangkaian acara HATN
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Ir Novly Wowuling, Wakil Direktur Manado Post Tommy Waworundeng, Wakil Dekan 1 Dr Ir Florencia N Sompie MP, Wakil Dekan 2 Dr Ir Betty Bagau MP, Wakil Dekan 3 Ir Boyke Rorinpandey MP, para dosen, serta para tokoh perunggasan Sulut dan perwakilan ASOHI Sulut tampak hadir dalam seminar ini. (Bams)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer