Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini AGAR AIR MINUM SENANTIASA AMAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

AGAR AIR MINUM SENANTIASA AMAN

Ketersediaan dan kualitas air penting bagi kelangsungan hidup dan performa ayam. (Foto: Istimewa)

Konsumsi air minum ayam sebenarnya dapat menjadi indikasi kondisi kesehatan serta indikasi baik/buruknya manajemen pemeliharaan. Ketika konsumsi air minum menurun, maka harus segera dievaluasi kemungkinan penyebabnya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan itu, misalnya ayam sedang terinfeksi suatu penyakit, kondisi lingkungan kandang terlalu dingin, jumlah dan distribusi tempat minum tidak merata, tempat minum kotor, kualitas air buruk terutama terlihat dari fisik air dan lain sebagainya.

Masalah Kuantitas dan Sumber Air Minum
Pada musim penghujan mungkin peternak akan menghadapi masalah yang sama terkait air minum, yakni kualitasnya. Seperti dirasakan peternak layer asal Tigaraksa, Rahmat Hidayat, kandangnya mengalami krisis kualitas air hingga harus mengakali air untuk kebutuhan minum ayamnya.

“Sebenarnya air ada, tetapi kualitasnya jelek, warnanya sangat keruh dan berbau lumpur menyengat. Dari sini saja kita sudah tau bagaimana kualitas kimiawinya, tentunya ini bukan air minum yang layak sekalipun untuk ayam,” tutur Rahmat.

Selama ini Rahmat harus menambah biaya dengan menambahkan beberapa substrat untuk memperbaiki kualitas air minum untuk ayamnya dan menjadi tambahan biaya produksi. Ia sendiri hanya bisa pasrah, karena sumber air di peternakannya berasal dari air permukaan (sungai) yang sewaktu-waktu bisa berubah kualitasnya karena perubahan musim.

Ketersediaan air sejatinya penting bagi kelangsungan hidup dan performa ayam. Air bisa didapat dari berbagai sumber, yang paling mudah misalnya berasal dari air permukaan (sungai, danau, rawa dan lain-lain).

Kendati demikian, dengan kondisi seperti sekarang maka pemanfaatan air sungai dalam aktivitas peternakan, baik sebagai air minum maupun proses pembersihan kandang dan peralatan sebaiknya… Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Maret 2022. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer