Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini AYAM AUSTRALORP: KARAKTERISTIK DAN KEUNGGULANNYA | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

AYAM AUSTRALORP: KARAKTERISTIK DAN KEUNGGULANNYA

Ayam Australorp

Pada awal tahun 1900-an, William Cook mengimpor ayam Orpington dari Inggris ke Australia. Tujuannya adalah untuk mengembangkan ayam petelur sekaligus pedaging yang cocok dengan iklim Australia.

Ayam Orpington tersebut kemudian disilangkan dengan Rhode Island Red, Minorca, White Leghorn, Langshan, dan mungkin Plymouth Rock. Hasilnya adalah ayan Australian Orpington atau ayam Australorp.

Ayam Australorp adalah ayam bertubuh besar dan berat dengan bulu yang lembut dan rapat. Ayam ini juga mempunyai jenis bantam.

Keunggulan ayam Australorp pertumbuhannya cukup cepat. Bobot ayam Australorp yang jantan antara 3,8-4,5 kg, dan betina antara 2,9-3,6 kg. Sedangkan yang bantam beratnya 0,9-1,2 kg untuk jantan dan 0,7-0,9 kg untuk betina.

Australorp umumnya berbulu hitam namun ada juga yang berbulu putih dan biru. Bulunya lembut dan indah. Ketika terkena sinar matahari tampak sedikit warna-warna cerah seperti ungu dan hijau.

Cara berjalannya anggun mirip cara berjalan ayam Orpington. Temperamennya lembut dan jinak.

Bisa dipelihara dalam kandang tapi lebih suka dibiarkan berkeliaran bebas. Yang baik bagi ayam Australorp karena agak rentan obesitas jika terus dikandang.

Rata-rata menghasilkan 250-300 butir telur per tahun. Jika dipelihara secara komersial bisa bertelur lebih banyak lagi.

Harapan hidupnya rata-rata antara 6-10 tahun. Merupakan ayam yang kuat dan cukup tahan terhadap penyakit. Australorp tidak dianggap memiliki penyakit tertentu yang spesifik untuk rasnya.

Mampu beradaptasi dengan baik pada iklim panas maupun dingin. Namun perlu diberikan akses ke tempat berteduh, karena lebih rentan terhadap sengatan panas dibandingkan jenis ayam lainnya.


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer