Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PERDANA MENGIKUTI ILDEX, BBPMSOH PROMOSIKAN PRODUK DAN LAYANAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PERDANA MENGIKUTI ILDEX, BBPMSOH PROMOSIKAN PRODUK DAN LAYANAN

Tim BBPMSOH di hari pertama gelaran ILDEX 2023.
Tim BBPMSOH di hari pertama gelaran ILDEX 2023.

Tahun ini adalah pertama kalinya Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertjfjkasi Obat Hewan (BBPMSOH) mengikuti pameran peternakan ILDEX Indonesia, yang diselenggarakan pada 20-22 September 2023.

“ILDEX sebagai ajang promosi agar masyarakat luas dapat mengenal BBPMSOH tentang produk dan layanan yang diberikan, yaitu prosedur pengujian obat hewan secara online melalui SIHAPSOH dalam rangka mendukung registrasi dan pengawasan obat hewan,” jelas Plt Kepala BBPMSOH, Drh Makmun MSc.

“Serta go internasional mengingat BBPMSOH telah terakreditasi ASEAN, khususnya dalam pengujian vaksin hewan. Selain itu menginformasikan tentang peran aktif BBPMSOH dalam pengendalian dan penanggulangan penyakit PMK.”

Diminati Perusahaan, Peternak, dan Mahasiwa

Selain perusahaan-perusahaan yang terkait dengan industri peternakan khususnya obat hewan, booth BBPMSOH juga diminati dan dikunjungi oleh peternak dan mahasiswa.

Di booth BBPMSOH peternak bisa mengakses informasi tentang pelayanan teknis obat hewan. Sehingga mereka dapat mengetahui kualitas obat hewan yang mereka gunakan, yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi peternakan.

Mahasiswa merupakan salah satu stakeholder BBPMSOH. Cukup banyak mahasiswa yang mengunjungi booth BBPMSOH dan mengajukan beberapa pertanyaan. “Mereka bertanya BBPMSOH itu lembaga apa. Apa saja kegiatannya dan BBPMSOH itu fungsinya untuk apa,” kata Makmun.

BBPMSOH memberikan dukungan dalam meningkatkan kompetensi SDM untuk dunia kerja. BBPMSOH bekerja sama dengan beberapa universitas seperti IPB University, Universitas Brawijaya, dan beberapa instansi pendidikan lainnya. Dalam rangka mendekatkan para mahasiswa dengan dunia kerja sebagai langkah persiapan karir. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat mereka melalui program kampus merdeka.

Promosikan Program dan Layanan

BBPMSOH mempunyai program bimbingan teknis untuk perusahaan obat hewan dan dinas yang membidangi peternakan dan kesehatan hewan. Bimbingan teknis untuk perusahaan merupakan aksi BBPMSOH dalam meningkatkan kompetensi pengujian obat hewan pada pelaku usaha dalam negeri. Sehingga diharapkan perusahaan terjaga kevaliditasan dalam pengujian obat hewan, yang berdampak meningkatnya kualitas mutu obat hewan yang diproduksi.

Sedangkan bimbingan teknis untuk dinas, diharapkan dinas dapat melakukan pengujian obat hewan sesuai dengan kemampuan laboratoriumnya, dalam mendukung pengawasan obat hewan di daerahnya. Sehingga dapat melakukan aksi gerak cepat bila terdapat obat hewan yang tidak memenuhi syarat.

Selain promosi di ILDEX, ke depannya diseminasi informasi tentang layanan bimbingan teknis tersebut akan lebih digiatkan. Sehingga kualitas mutu obat hewan yang beredar terjaga, yang membuat masyarakat penggunanya dapat merasa aman.

Pada pagelaran ILDEX juga dipromosikan aplikasi SIHAPSOH (Sistem Informasi Hasil Pengujian Mutu dan Sertjfikasi Obat Hewan). SIHAPSOH merupakan upaya peningkatan layanan di antaranya terkait percepatan waktu.

Dokumen pra permohonan yang diajukan melalui SIHAPSOH akan dipelajari oleh bagian lab. Jika untuk pengujian dibutuhkan bahan-bahan standar akan diinformasikan melalui aplikasi. Selain itu tim BBPMSOH juga akan menyiapkan hewan yang akan digunakan untuk pengujian produk vaksin.

Pengembangan aplikasi SIHAPSOH-BBPMSOH dilakukan dari waktu ke waktu, agar proses permohonan pengujian semakin lancar, sederhana, dan transparan dari awal permohonan hingga terbitnya sertifikat hasil uji.

Dikunjungi Dirjen PKH

Nasrullah saat mengunjungi booth BBPMSOH.
Nasrullah saat mengunjungi booth BBPMSOH.

Booth BBPMSOH sempat dikunjungi oleh Dirjen PKH, Dr Ir Nasrullah MSc. Usai membuka secara resmi pameran ILDEX, Nasrullah berkeliling meninjau booth para peserta pameran dan berkunjung ke booth BBPMSOH. Berbincang sejenak dengan tim BBPMSOH, Nasrullah mengapresiasi keikusertaan BBPMSOH di ILDEX dan berharap layanan BBPMSOH semakin dikenal luas. (ADV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer