Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini TANDA IB BERHASIL PADA SAPI | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

TANDA IB BERHASIL PADA SAPI

Inseminasi buatan (IB) adalah cara pembibitan sapi dengan metode sperma sapi jantan disuntikkan dengan cara tertentu ke saluran reproduksi sapi betina. Hal ini lebih menyingkat waktu dibandingkan dengan mengawinkan sapi secara biasa.

Dilakukannya IB pada sapi potong maupun sapi perah adalah untuk meningkatkan produktivitasnya. Semakin banyak bibit sapi yang dihasilkan maka akan makin naik produktivitasnya.

Karena itu tanda IB berhasil pada sapi adalah kebuntingan. Seekor sapi betina yang telah menerima IB dan tidak bunting maka IB tersebut gagal. Jika bunting maka IB dikatakan berhasil.

Jadi jika peternak ingin memantau keberhasilan IB pada sapinya, maka sama saja harus memantau tanda-tanda kebuntingan pada sapi. Pemeriksaan kebuntingan sendiri idealnya dilaksanakan oleh petugas.

Program IB yang dilaksanakan di suatu daerah tanda keberhasilannya diukur dari banyaknya betina yang bunting dibandingkan dengan jumlah IB-nya.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer