Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini KONTES KETANGKASAN DOMBA GARUT SEMARAKKAN SILATNAS PETERNAK DOMBA KAMBING KE-9 | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

KONTES KETANGKASAN DOMBA GARUT SEMARAKKAN SILATNAS PETERNAK DOMBA KAMBING KE-9

 

Ketua Umum DPP HPDKI berfoto bersama para pemenang Kontes Ketangkasan Domba Garut 2023 (Foto: InspiratvID)

Silaturahmi Nasional Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (Silatnas HPDKI) ke-9 di di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten  Bandung Jawa Barat pada hari Sabtu dan Minggu, 16-17 September 2023 sukses digelar. Silatnas HPDKI ini juga disiarkan secara live melalui channel YouTube InspiratvID.  

Penyelenggaraan Silatnas HPDKI tahun ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya, diantaranya Kontes Ketangkasan Domba Garut Piala Presiden 2023 serta Workshop Sharing Experience "How to Be a Stud Breeder".

Ketua Umum DPP HPDKI, Ir Yudi Guntara Noor SPt IPU dalam sambutannya mengemukakan kegiatan silatnas ini memiliki tujuan untuk menjalin tali silaturahmi dan mempertahankan seni tradisi Jawa Barat.

Selain itu juga memotivasi para peternak domba dan kambing seluruh indonesia, agar semakin maju dan dikenal luas oleh masyakarat.

“Sungguh kita sangat bersyukur, dapat berkumpul kembali dengan teman-teman peternak yang sebelumnya terbatasi dengan berbagai musibah akibat pandemi COVID-19,” ungkapnya.


Ir Yudi Guntara Noor, Ketua Umum DPP HPDKI


Pada kesempatan yang sama Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bandung Ir H Tisna Umaran MP mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Silatnas HPDKI ke-9.

Kegiatan dillanjutkan dengan agenda Ketua DPP HPDKI beserta rombongan melihat stan-stan yang disediakan mulai dari para UMKM Susu, produsen obat bagi kambing, dan masih banyak lainnya. 

Kementan Apresiasi Program Strategis HPDKI

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) memberikan apresiasi kepada HPDKI yang berupaya mengakselerasikan peran strategis pengembangan peternakan domba dan kambing di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dr Ir Nasrullah MSc yang turut menghadiri Silatnas HPDKI.

Nasrullah mengatakan, HPDKI sebagai salah satu asosiasi saat ini telah berhasil meningkatkan peran strategis pengembangan peternakan domba dan kambing dengan model closed loop sistem terintegrasi mulai dari pembibitan, pembiakan, dan penggemukan secara berkelanjutan.

“Saya mengapresiasi program-program strategis HPDKI yang selaras dengan kebijakan pemerintah dalam rangka mendorong pembangunan di subsektor peternakan dan kesehatan hewan,” tutur Nasrullah.

Perkembangan lima tahun terakhir industri peternakan domba dan kambing mengalami tren positif dengan terbukanya peluang pasar, baik domestik maupun ekspor.

Pertumbuhan dan pembukaan pasar di sektor hilir berdampak pada peningkatan nilai jual sekaligus daya tawar peternak.

Menurut Nasrullah, kambing dan domba sebagai ternak unggulan Indonesia karena berkontribusi penting dalam pemenuhan protein hewani masyarakat, terutama untuk kebutuhan keagamaan seperti Kurban dan Aqiqah dan kepentingan acara adat lainnya. (NDV)

 

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer