Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MUNAS I ARPHUIN MELANTIK PENGURUS BARU 2022-2026 | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MUNAS I ARPHUIN MELANTIK PENGURUS BARU 2022-2026

Pelantikan Pengurus ARPHUIN 2022-2026

Asosiasi Rumah Potong Hewan Unggas Indonesia (ARPHUIN) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) I, Kamis (2/2/2023) di IPB International Convention Center, Bogor. Adapun hasil munas diantaranya menetapkan Theresia Agustina sebagai Ketua Umum ARPHUIN serta Sigit Pambudi selaku Wakil Ketua ARPHUIN periode 2022-2026. 

Pada hari yang sama juga sekaligus dilaksanakan pelantikan pengurus ARPHUIN periode 2022-2026, ditandai dengan seremoni penyerahan panji ARPHUIN dari Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Drh Syamsul Ma’arifepada Theresia Agustina.

“Peran ARPHUIN diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah untuk menjamin tersedianya karkas/daging unggas yang memenuhi kriteria ASUH serta membantu menyediakan data produksi secara akurat,” tandas Syamsul Ma’arif ketika memberikan sambutan.  

Syamsul menambahkan, diharapkan seluruh RPHU yang ada di Indonesia dapat bergabung di dalam ARPHUIN sehingga mempermudah komunikasi antara RPHU dan pemerintah serta stakeholder terkait.

Salah satu kendala yang mengemukaka dalam munas, salah satunya terkait Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) yang belum mendapatkan Sertifikat Halal. 

Sementara data dari target sertifikasi halal Tahun 2024 oleh BPJPH menunjukkan jumlah total RPHU sebanyak 315 unit, RPHU bersertifikat NKV 188 unit (per Januari 2023), serta yang telah memilik Sertifikat Halal sebanyak 42 RPHU.

Merujuk pada Permentan No. 15 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Standar Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pertanian pada Lampiran Sertifikasi NKV, Setiap Pelaku Usaha Produk Hewan wajib mengajukan permohonan NKV.

Menurut Syamsul, RPHU sangat memiliki aspek secara teknis merupakan sarana pemotongan hewan dan penanganan daging yang benar sekaligus bertanggung-jawab dalam upaya pencegahan penularan zoonosis.

“RPHU dikaji secara aspek ekonomi adalah bagian dari rantai agribisnis dan ini harus menjadi perhatian ARPHUIN yang saya optimis mampu lebih mendorong hilirisasi perunggasan,” ucap Syamsul. (NDV)

Susunan Pengurus ARPHUIN 2022-2026:

Ketua: Theresia Agustina

Wakil Ketua: Sigit Pambudi 

Sekretaris: Muslih Al Maarif

Bendara: Rubiyanti 

Koordinator MDM: Keenan Pardede

Koordinator Hubunga Antar Lembaga dan Advokasi: Cecep M Wahyudin

Koordinator Teknis: Tony Cjahjadi  

Koordinator Humas, Media, Publikasi: Thomas Kristanto,, Ferdinand Oroh

Korwil Sumatera: Rahmad

Korwil Jawa Barat: Renny Lim

Korwil Jawa Tengah: Chairi Kusuma 

Korwil Jawa Timur: M Zunalydi

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer