Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PROBIOTIK B.I.O.Sol MELINDUNGI AYAM SEJAK DARI DOC | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PROBIOTIK B.I.O.Sol MELINDUNGI AYAM SEJAK DARI DOC

Potensi genetik ayam modern telah ditentukan semenjak DOC menetas, demikian juga panjang potensial vili usus dan lebar area permukaan usus untuk penyerapan nutrisi.

Hal ini merupakan salah satu tantangan terbesar peternakan unggas terutama di era tanpa AGP (Antibiotic Growth Promoter), untuk mengoptimalkan potensi genetik dibutuhkan usus sehat dengan mikrobiota seimbang, bebas dari peradangan dan infeksi, serta imunitas tinggi. Kerusakan usus pada tahap awal kehidupan tidak dapat dikompensasi sepenuhnya di kemudian hari dan akan memengaruhi performa produksi di akhir.

Minggu pertama kehidupan merupakan periode kritis bagi unggas, dimana terjadi stres tinggi karena transportasi, handling, perubahan bentuk pakan dari kuning telur ke crumble, dan faktor stres lainnya. Sementara dalam tubuh unggas kondisi mikrobiota usus masih berkembang. Untuk mengatasi hal tersebut saat ini telah dilakukan early feeding dengan pemberian probiotik, prebiotik, sinbiotik, acidifier, essential oil, mineral dan trace element tertentu untuk menjaga keseimbangan mikroflora usus, membantu meningkatkan kesehatan usus dan imunitas tubuh.

B.I.O.Sol merupakan probiotik pelindung ayam sejak dini dengan kombinasi sinergis bakteri asam laktat Enterococcus faecium dan betain bermanfaat untuk:

  • Inokulasi yang cepat pada saluran usus
  • Keseimbangan mikroflora usus
  • Stimulasi sistem kekebalan tubuh
  • Resistensi terhadap bakteri patogen
  • Mencegah dehidrasi saat transportasi

B.I.O.Sol terbukti mempunyai efikasi tinggi ditunjukkan dengan penurunan tingkat kematian minggu pertama pasca penetasan dengan keseragaman flock yang lebih baik. Manfaat lainnya yaitu peningkatan berat potong dan perbaikan konversi pakan.

Dari penelitian yang dilakukan di Filipina pada 90.000 ekor ayam broiler menunjukan respon positif pada ayam trial yang diberikan B.I.O.Sol via spray di hatchery, dilanjutkan via air minum di kandang pada tiga hari pertama berdampak nyata pada angka kematian yang lebih rendah dibanding kelompok kontrol yang diberi treatment antibiotika.

Aplikasi B.I.O.Sol dapat dikombinasikan dengan media pembawa gel multifungsi HatchGel SP.

HatchGel SP yang mengandung mikroalga spirulina akan meningkatkan efikasi probiotik dan komponen aktif usus lainnya, memodulasi sistem kekebalan tubuh, memberikan nilai gizi tambahan, memberikan perlindungan terhadap vaksin dan menstabilkan air.

Hatchgel SP mempunyai kelarutan tinggi dan sudah disertai warna hijau cerah dengan visibilitas terbaik untuk anak ayam, sehingga memudahkan pengamatan hasil aplikasi.

Selain digunakan di hatchery, HatchGel SP juga cocok digunakan di farm. Gel dapat diaplikasikan di atas pakan starter atau ke anak ayam dan diberikan saat tiba di peternakan. Air untuk mencampur gel juga dapat diganti sebagian dengan sediaan vitamin cair. (ADV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer