Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini KANDANG CLOSED HOUSE DENGAN MESIN DIESEL LEBIH AMAN DAN HEMAT? | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

KANDANG CLOSED HOUSE DENGAN MESIN DIESEL LEBIH AMAN DAN HEMAT?

Pada kandang closed house kerap terjadi kasus voltase listrik yang naik turun, menyebabkan blower berputar tidak sempurna, sehingga laju udara yang dihasilkan di dalam  kandang menjadi tidak optimal. (Foto: Istimewa)

PT Kubota Indonesia yang berlokasi di Semarang pada Oktober 2021, mulai memproduksi mesin diesel terbarunya. Yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan peternakan, yaitu digunakan untuk menggerakkan blower di kandang broiler closed house.

Berawal dari Permasalahan Peternak
Mesin baru tersebut lahir dari survei yang dilakukan perusahaan. “Dari kartu garansi yang kembali ke perusahaan ternyata terlihat persentasenya cukup besar bahwa mesin kami digunakan untuk peternakan, dalam hal ini menggerakkan blower. Karena itulah kami memutuskan mengembangkan mesin baru untuk peternakan,” kata Marketing Kubota Indonesia, Tri Widodo, pada presentasi di Indo Livestock 2022.

Ada beberapa alasan mengapa mesin baru tersebut dibuat. Dari sekian banyak peternak yang diwawancara ternyata kendala yang dialami peternak terutama terkait dengan blower adalah keamanan dan biaya.

Di kandang closed house banyak terjadi kasus voltase listrik naik turun. Yang menyebabkan blower berputar tidak sempurna. Sehingga laju udara yang dihasilkan di dalam kandang menjadi tidak optimal.

Dinamo penggerak blower juga sering terbakar salah satunya disebabkan oleh voltase listrik yang drop. Ketika dinamo sudah terbakar meski arus listriknya ada, namun blower tidak akan bisa berputar.

Kendala lain adalah matinya listrik yang dapat diprediksi. Apalagi ketika cuaca ekstrem tiba-tiba hujan deras, ada pohon tumbang dan sebagainya. Rata-rata peternak memang memiliki genset, tapi ketika listrik padam... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Agustus 2022. (NDV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer