Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini ALTERNATIF ANTIBIOTIK BARU DI PETERNAKAN UNGGAS RUSIA | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

ALTERNATIF ANTIBIOTIK BARU DI PETERNAKAN UNGGAS RUSIA

Pada tahun 2025, peternakan unggas Rusia diperkirakan dapat menghentikan penggunaan antibiotik pakan dengan memasukkan betulin dalam ransum pakan. Phytobiotic, yang berasal dari kulit pohon birch, dikenal luas karena memberi warna putih pada pohon, yang tampaknya melindungi pohon dari panas berlebih oleh matahari.

Sekelompok ilmuwan dari cabang Ural dari Akademi Sains Rusia menjalankan percobaan dengan kawin silang Ross-308 di sebuah peternakan ayam pedaging di Sverdlovsk Oblast, Rusia. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan di majalah ilmiah Rusia, Veterinary Today. Unggas dalam kelompok eksperimen diberi betulin kering yang ditambahkan ke dalam ransum dari hari ke 21 sampai hari ke 35 dengan dosis 2,5 mg per kg bobot hidup. Pengenalan pakan tambahan berdasarkan betulin ke dalam makanan berkontribusi pada peningkatan berat badan hidup dan berat otot dada sebesar 7,6%.

Ilmuwan juga menemukan bahwa konsumsi fitobiotik oleh ayam pedaging menyebabkan penurunan pengendapan lemak subkutan dan perut, meningkatkan kualitas biologis daging dengan meningkatkan kandungan unsur abu.

Peraturan kedokteran hewan Rusia masih tidak membatasi penggunaan antibiotik yang diizinkan di peternakan unggas. Seperti yang dijelaskan oleh Petr Kanardov, direktur umum lembaga konsultasi Feedland Group, terdapat perbedaan mendasar dalam pendekatan penggunaan antibiotik pakan dalam pemberian pakan unggas di Rusia dan negara-negara barat. Di Rusia, fokus utamanya adalah tidak adanya sisa antibiotik dalam produksi ternak sehingga pabrikan Rusia dapat menggunakan obat ini dalam jumlah yang tidak terbatas. Hal utama adalah bahwa mereka tidak boleh ditemukan di produk akhir, kata Kanardov. Pemerintah Rusia telah mempertimbangkan rencana untuk mengatasi masalah ini, tetapi tidak ada upaya nyata yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer