Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini CURAH HUJAN TINGGI, PETERNAK DIMINTA WASPADAI HIJAUAN RUMPUT | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

CURAH HUJAN TINGGI, PETERNAK DIMINTA WASPADAI HIJAUAN RUMPUT

Peternak harus mewaspadai rumput yang masih muda (Foto: pixy.org)


Musim hujan yang sekarang ini masih berlangsung, memang mempermudah peternak hewan sapi, kambing dan unggas lainnya untuk memperoleh hijauan rumput untuk ternak. Menurut Drh Mukhlas Yasi Alamsyah (PT Eka Farma) pelopor pakan dan obat ternak di Indonesia, hal itu tetap perlu diwaspadai.

Peternak harus mewaspadai rumput yang masih muda, dengan kandungan air dan protein tinggi dan berserat kasar.

"Rumput muda dapat memicu kasus kembung dan diare pada ternak. Selain itu banyak dijumpai kasus-kasus gangguan pencernaan yang lainnya," kata Mukhlas dalam Bincang Hewan Sehat Selasa (3/3).

Masih kata dokter hewan lulusan Universitas Airlangga Surabaya itu, untuk ternak unggas, ayam kampung dan lainnya dengan sinar matahari yang berkurang di musim hujan akan banyak memicu kasus.

Kasus penyakit yang sering terjadi adalah ND/Tetelo (penyakit yang menyerang ayam dengan gejala kepala melintir) dan flu burung.

Imbau Mukhlas, para petenak sapi, kambing dan unggas untuk mewaspadai dengan seringnya turun hujan belakangan ini, dan menjaga kebersihan kandang. (Sumber: suaramerdeka.com)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer