Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini Hindari Stres Hewan, Hasilkan Daging Berkualitas Prima | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

Hindari Stres Hewan, Hasilkan Daging Berkualitas Prima

Kegiatan Pelatihan Manajemen dan Sistem Penjaminan Mutu RPH Ruminansia di Fakultas Peternakan IPB.

Status fisiologis hewan yang akan disembelih, sangat berpengaruh pada kualitas daging yang dihasilkan. Oleh karenanya, penanganan yang tidak welfare pada saat sebelum dan selama proses penyembelihan akan menimbulkan stres dan mengaktifasi sistem simpatis.

Menurut pengajar FKH IPB Supratikno, dalam Pelatihan Manajemen dan Sistem Penjaminan Mutu RPH Ruminansia yang diselenggarakan Forum Logistik Peternakan Indonesia (FLPI) di Bogor, Selasa (11/12/2018) lalu, pada saat stres, darah akan lebih banyak dialirkan ke otak dan otot rangka dan sistem simpatis akan bekerja mengkonstrisikan buluh darah.

“Jika hewan dalam kondisi ini disembelih maka proses kematiannya menjadi lama, hewan meronta-ronta sehingga daging menjadi memar serta darah banyak tertinggal di dalam daging,” kata Supratikno.

Pada hewan yang stres kronis berkepanjangan, maka cadangan glikogen otot sangat sedikit sehingga proses pembentukan asam laktat sangat sedikit dan PH daging tetap tinggi menyebabkan daging menjadi dark, firm dan dry (DFD).

Supratikno menjelaskan, hewan yang stres akut sesaat sebelum disembelih akan terjadi pemecahan glikogen yang tinggi lalu menyebabkan pembentukan asam laktat dan penurunan PH terlalu cepat di jam pertama setelah penyembelihan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil sembelihan dengan kualitas yang prima, maka prinsip-prinsip kesejahteraan hewan dalam proses penangangan hewan yang akan disembelih harus diterapkan secara benar. Hindari hewan mengalami stres saat sebelum disembelih, sehingga dihasilkan daging yang berkualitas tinggi. (AS)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer