Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini Kabupaten Banjar Tetap Waspadai Penyakit Brucellosis pada Sapi | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

Kabupaten Banjar Tetap Waspadai Penyakit Brucellosis pada Sapi

Vaksinasi sapi sebagai upaya cegah brucellosis (Foto: dinaspeternakanjombang.com)

Satu jenis penyakit berbahaya yang kerap menyerang sapi betina yaitu brucellosis atau keguguran yang menular. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar, Dondit Bekti Agustiono , Rabu (31/10/2018).

"Kita patut bersyukur karena penyakit brucellosis tidak pernah terjadi lagi di Kabupaten Banjar. Sapi di daerah ini aman," kata Dondit.

Kendati demikian, tambah Dondit, peternak sapi di daerah Banjar tetap harus selalu waspada. Upaya menghindarkan sapi dari penyakit tersebut antara lain selalu menjaga kebersihan kandang, serta memberi hijauan atau asupan pakan yang sehat.

Penyakit brucellosis disebabkan oleh bakteri bricella abortus dan virus Infectious Bovine Rhinotracheitis (IBR), Epizootic Bovine Abortion (EBA), dan Bovine Viral Diarrhea (BVD). Juga disebabkan oleh jamur aspergillus spp serta protozoa trichomoniasis.

Ketika sapi betina yang bunting terkena penyakit tersebut, presentase melahirkan anakan sangat kecil. Bahkan jika tidak mendapat penanganan atau pengobatan secara intensif, penyakit itu akan terus berlangsung sehingga indukan sapi sulit memiliki keturunan. (Sumber: banjarmasin.tribunnews.com)


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer