Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini TAHUN 2018 POTENSI SERGAPAN AGEN PENYAKIT VIRAL SANGAT DOMINAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

TAHUN 2018 POTENSI SERGAPAN AGEN PENYAKIT VIRAL SANGAT DOMINAN

Sebenarnya kalau mengamati dan mencermati peristiwa rentetan letupan penyakit unggas broiler sepajang tahun 2017, maka menjadi tidak mudah memperkirakan kejadian penyakit yang akan terjadi pada tahun 2018 mendatang.
Korelasi umum yang biasa digunakan adalah dengan berpijak dan memakai dasar utama apakah jenis dan kasus penyakit yang muncul bersifat istimewa selama masa periode pemeliharan di 2017. Mungkin memang sangatlah variatif. Realitasnya pada 2017 memang tidak ada yang begitu dominan dan variabel yang menyertai letupan aneka penyakit tidak sedikit.
Demikian seperti diungkapan Drh Rully Susetyawan, Manager Produksi PT Januputro Yogyakarta, kepada Infovet di kantornya. Rully, demikian sapaan akrabnya, telah mengamati dengan sangat intens dan penuh catatan dari berbagai kasus atau wabah penyakit pada broiler. Hal itu diperoleh dari para peternak broiler binaan dan yang menjadi mitranya. Atas hasil pengamatannya ia mendapatkan informasi yang cukup penting, bahwa kasus besar yang terjadi sepanjang 2017 ini tidaklah ditemukan.
Menurutnya, masih nyaris sama dengan jenis gangguan kesehatan pada unggas broiler di tahun sebelumnya. “Tiada dijumpai jenis penyakit yang bersifat istimewa. Meski begitu saya mendapatkan informasi yang sangat berharga tentang seluk-beluk letupan penyakit sepanjang 2017,” ujarnya.
Ternyata, bahwa sergapan jenis penyakit dengan jenis agen penyebab virus, masih sangat kuat dan signifikan mempengaruhi proses budidaya unggas. Sebut saja, penyakit Gumboro dan Avian Influenza (AI) jenis generasi terbaru. Menurut Rully, penyakit tersebut sangat berperanan besar terhadap performans produksi dan hasil panen ....


Baca selengkapnya di Majalah Infovet edisi 281 Desember 2017. 

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer