Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini Klinik Nature Vet Gagas Berdirinya Komunitas My Second Chance | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

Klinik Nature Vet Gagas Berdirinya Komunitas My Second Chance

shareholder klinik Nature Vet, Ferry Kartolo tengah memotong tumpeng, sebagai tanda lahirnya komunitas My Second Chance
Mengadopsi hewan dibutuhkan pertimbangan tersendiri, karena biasanya ada beberapa isu yang biasanya melekat pada hewan yang akan diadopsi, misalnya masalah kesehatan. Berangkat dari situasi tersebut,  Drh Silfiana Ganda kusuma dari klinik Nature Vet Tebet dan beberapa pencinta anjing menggagas berdirinya komunitas My Second Chance (MSC) pada 2 Maret 2014.

Saat ini ada lebih dari 1000 ekor anjing dan kucing yang berada di sedikitnya tujuh tempat penampungan di Jakarta membutuhkan pengadopsi. Jumlah ini masih belum termasuk dengan anjing dan kucing  yang tinggal bersama keluarga sementaranya (foster), dan anjing liar yang berada di jalanan.

Isu besar yang saat ini dihadapi oleh rata-rata tempat penampungan anjing adalah keterbatasan kapasitas penampungan dan dana. Sementara di sisi lain, belum ada regulasi yang mengontrol populasi anjing dan atau tindakan hukum pada orang-orang yang menelantarkan atau membuang anjing peliharaannya.

Gerakan dari komunitas ini adalah untuk mengkampanyekan pilihan mengadopsi dan penggalangan dana untuk mendukung kegiatan adopsi. Bekerja sama dengan beberapa klinik hewan yang ada di Jakarta, komunitas MSC membiayai penanganan kesehatan untuk hewan-hewan terpilih dari berbagai shelter yang ada di Jakarta, sehingga siap untuk diadopsi. Pada tahap awal, fokus bantuan adalah untuk upaya  sterilisasi dan vaksin.

Acara kampanye dan penggalangan dana pertama yang dilakukan komunitas MSC bersamaan dengan pembukaan cabang ke dua Klinik Nature Vet di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Dalam event tersebut, MSC mencoba memberikan edukasi kepada masyarakat, pencinta hewan,  mengenai proses adopsi, dan isu seputar kesehatan mengenai hewan adopsi.

Terkait dengan perawatan anjing senior, Drh Silfiana menekankan pentingnya  pemeriksaan menyeluruh setiap tahun untuk mendeteksi seandainya ada gangguan fungsi organ dalamnya seperti jantung, hati, ginjal, dan organ lain.    

Acara dimeriahkan dengan kegiatan amal dan penggalangan dana dalam bentuk Dog Fashion Show, Eating competition, penjualan cindera mata MSC, serta partisipasi beberapa vendor yang menjual produk perawatan anjing dan aksesoris. Sebagian dari keuntungan penjualan tersebut disumbangkan untuk program sterilisasi hewan yang digagas MSC. Jadi kenapa harus membeli jika pilihan untuk mengadopsi semakin mudah dilakukan saat ini, so let’s adopt don’t buy. (Sumber: Komunitas My Second Chance/nung)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer