Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MANFAAT TELUR PUYUH SECARA UMUM | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MANFAAT TELUR PUYUH SECARA UMUM

manfaat telur puyuh

Telur puyuh yang berukuran kecil ternyata kaya akan berbagai nutrisi. Karenanya manfaat telur puyuh pun bagus untuk kesehatan.

Rendah Kalori

Satu butir telur puyuh mengandung sekitar 14-15 kalori. Meski kalorinya rendah dan ukurannya lebih kecil dari telur ayam, telur puyuh cukup mengenyangkan. Hal itu berkat kandungan lemak sehat dan proteinnya yang lengkap.

Telur puyuh mengandung lebih banyak lemak dan protein menurut beratnya, dua kali lipat zat besi dan riboflavin, dan sekitar sepertiga lebih banyak vitamin B12 dibandingkan telur ayam. Karena rendah kalori dan mengenyangkan mungkin telur puyuh cocok dimasukkan sebagai menut diet.

Kaya Akan Nutrisi

Rasio kuning-putih telur puyuh lebih tinggi jika dibandingkan dengan telur ayam. Karena itu telur puyuh memiliki lebih banyak nutrisi berdasarkan beratnya, karena hampir semua nutrisi terkandung dalam kuning telurnya sedangkan putihnya sebagian besar berupa protein.

Nutrisi yang terkandung dalam telur puyuh antara lain selenium dan riboflavin, yang membantu tubuh memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi. Selenium juga membantu fungsi tiroid.

Telur puyuh juga mengandung vitamin B12 dan zat besi yang penting untuk meningkatkan fungsi sistem saraf yang sehat, dan membantu menjaga tingkat energi yang optimal melalui perannya dalam pembentukan sel darah merah.

Satu butir telur puyuh dengan berat sekitar 9 gram mengandung 14 kalori, 1 gram protein, 1 gram lemak, 0 karbohidrat dan serat. Juga (AKG) 4% kolin, 6% riboflavin, 2% folat, 3% asam pantotenat, 2% vitamin A, 6% vitamin B12, 2% besi, 5% selenium.

Kaya Akan Protein

Manfaat telur puyuh berikutnya adalah kaya protein yang merupakan bahan pembangun tubuh, membantu pertumbuhan dan meregenerasi sel. Protein terdiri dari asam amino yang dihubungkan satu sama lain, dan ada sembilan asam amino yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh (asam amino esensial) sehingga harus didapatkan dari makanan. Telur puyuh adalah salah satu sumber protein terbaik dengan banyak asam amino esensial.

Kaya Antioksidan

Telur puyuh kaya antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan sel dan memerangi gejala alergi. Juga mengandung nutrisi otak, salah satunya adalah kolin, yang sangat penting untuk membantu tubuh memproduksi asetilkolin, suatu neurotransmitter yang mengirimkan pesan dari sistem saraf ke otot.


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer