Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini BERDAYA DI SKALA RUMAH TANGGA | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

BERDAYA DI SKALA RUMAH TANGGA

Beternak puyuh bisa menjadi pilihan usaha. (Sumber: asian-agribiz.com)

Mudah dibudidayakan dan tidak banyak menguras biaya, beternak puyuh bisa menjadi alternatif usaha. Dengan skala rumah tangga bisa jadi solusi ikhtiar meraih rezeki di tengah PHK dan sulitnya mencari kerja.

Beternak puyuh petelur dilakoni Muhammad Aziz Basyarudin, biasa dipanggil Azis, sejak 2021 lalu. Pemuda yang berdomisili di Aryojeding, Rejotangan, Tulungagung, ini mengaku bahwa awalnya tidak berminat terjun ke usaha beternak puyuh. Namun, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga kecilnya, ia akhirnya menyambut tawaran temannya.
Kini, jumlah puyuh petelur produktif yang dimiliki Azis mencapai 2.000 ekor. “Setengahnya sudah mulai tua,” akunya.

Dimulai dari Pullet
Bagi pemula, memulai beternak puyuh petelur dari pullet akan lebih mudah. Selain itu, cara ini juga lebih cepat menghasilkan uang. Peternak cukup melakukan aktivitas harian berupa pemberian pakan dan air minum, membersihkan kandang, serta memanen telur. Ditambah dengan pengobatan jika diperlukan.

Ditanya soal alasan lebih memilih memulai usaha dari pullet dibandingkan DOQ, Azis mengungkapkan alasannya. “Saya langsung mulai dari puyuh siap telur untuk menghemat tempat dan kandang. Tidak perlu membeli kandang lagi, langsung di kandang baterai,” ungkapnya.

Masuk akal. Dengan kepadatan 20-25 ekor per meter persegi, beternak puyuh 1.000 ekor pada kandang empat susun hanya membutuhkan lahan kandang seluas 10m x 1m. Ditambah ruang untuk gerak operasional, penyimpanan pakan, bahan, dan peralatan lainnya.

Keuntungan memelihara puyuh dari pullet dibanding dari DOQ lainnya yaitu... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Juli 2023. (RA)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer