Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini TROUW NUTRITION SIAP JAWAB TANTANGAN EFISIENSI DI INDUSTRI PETERNAKAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

TROUW NUTRITION SIAP JAWAB TANTANGAN EFISIENSI DI INDUSTRI PETERNAKAN

Team Trouw Nutrition Indonesia Bersama Awak Media
(Sumber : Trouw)

Jumat (24/2) yang lalu PT Trouw Nutrition menggelar Media Briefing di Kantornya yang berlokasi di Talavera Office park. Sejumlah awak media di bidang peternakan hadir dalam acara tersebut. Tujuannya yakni memperkenalkan lini produk Trouw sekaligus memaparkan berbagai macam program yang akan dieksekusi oleh Trouw. 

Yana Ariana selaku Feed Additive & Animal Health Director PT Trouw Nutrition Indonesia memperkenalkan salah satu brand feed additive milik mereka yakni Selko® yang berasal dari Tiburg, Belanda. 

"Selko® sudah ada sejak tahun 1983. Selanjutnya Selko® mengembangkan sayapnya di A.S dengan mengakuisisi Micronutrient pada tahun 2004 dan pada tahun 2022 seluruh lini bisnis feed additive di Nutreco menggunakan merek Selko®," tutur dia.

Yana melanjutkan di Indonesia sendiri, lini bisnis feed additif Trouw telah mengalami perkembangan pesat sejak hadir di tahun 2016, hal tersebut dapat dilihat dari data pertumbuhan volume sejak tahun 2022 yang mencapai 54% dibanding tahun 2021. Sementara itu pada tahun 2023, Trouw berambisi menargetkan pertumbuhan sebanyak 56% dibanding tahun 2022.

Dalam kesempatan yang sama Feed Safety & Quality Program Manager Trouw Roro Ginting mengatakan bahwa Selko memiliki program yakni feed safety & quality along the chain yang mampu menjaga keamanan pakan mulai dari bahan baku hingga pakan jadi.

"Program ini menawarkan solusi untuk memastikan keamanan pakan dan mampu menjaga nilai nutrisi bahan baku dari proses penyimpanan hingga menjadi pakan jadi dengan cara mengkontrol tingkat mikroorganisme, pertumbuhan jamur dan level cemaran mikotoksin agar memenuhi standar dan menjaga kualitas terbaiknya. Kami berkomitmen menjaga kualitas keamanan pakan hingga makanan jadi agar aman untuk ternak," tutur Roro.

Trouw juga masih akan berfokus pada penyediaan trace mineral yang menjadi salah satu spesialisasinya di tahun 2023. Menurut Trace Minerals Program Manager Trouw, Kinasih Sekarlangit mereka menyadari betul bahwa trace minerals merupakan bagian penting di dalam pakan untuk mengoptimalkan kesehatan serta performans ternak. Namun demikian, mayoritas bahan baku pakan belum mampu mencukupi suplementasi trace minerals untuk memenuhi kebutuhan ternak.

"Selain hal tersebut, banyaknya jenis trace mineral yang tersedia di market saat ini, menjadi penting untuk  bisa mengkaji kembali pemilihan trace mineral yang akan ditambahkan di dalam pakan karena tidak semua trace mineral memilik kualitas yang sama. Menjawab hal tersebut, Selko hadir dengan program Trace Mineral Optimisation, menawarkan trace mineral yang memiliki stabilitas dan bioavailabilitas tinggi sehingga memberikan nilai nutrisi yang lebih baik untuk ternak dengan portfolio trace mineral yang kami miliki," tuturnya.

Trouw juga akan berfokus dengan kesehatan dan performa ternak. Dalam hal ini Susanto selaku Performance & Health Program Manager menyampaikan bahwa pada program perfomance & health Trouw  menawarkan program yang berupa pengurangan penggunaan antibiotik, pengendalian salmonella, heat stress, dan yang terbaru adalah phytogenic alias herbal.

"Berbagai jenis produknya dalam bentuk asam organik dengan teknologi smart blends (dalam bentuk powder & cair) dapat diaplikasikan lewat pakan dan air minum. Keduanya berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan kinerja ternak. Beberapa jenis produk kami juga memiliki fungsi dan nutrisi yang berbeda – beda, disesuaikan dengan target bakteri dan area pada saat masuk ke dalam saluran pencernaan. Sedangkan untuk phytogenic baru akan dihadirkan bulan depan pada event VIV Asia di Bangkok, tujuan kami ingin menjawab kebutuhan pelanggan untuk produk herbal," tutur Susanto.

Dalam program performance & health Susanto juga menawarkan customized solution yang terintegrasi melalui pendekatan feed, farm, and health

"Untuk feed kami menawarkan nutrisi yang lengkap sesuai dengan kebutuhan termasuk dari formulasi dan bahan baku berkualitas. Farm, berkaitan dengan higiene peternakan termasuk disinfeksi, alur masuk transportasi, dll. Sedangkan, health berkaitan dengan kesehatan pencernaan usus. Ditambah lagi program ini juga menawarkan pelayanan diantaranya analisis pakan dan bahan baku di Masterlab Asia, Selko IWS (inline water system) untuk mendukung aplikasi acidifier liquid, feed scan untuk salmonella, dan gut health scan" tutup Susanto. (CR)


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer