Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini POTENSI LASER PADA KANDANG BROILER DITELITI | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

POTENSI LASER PADA KANDANG BROILER DITELITI

Isu seputar mobilitas ayam yang buruk pada tahap akhir kehidupan telah membayangi sektor ayam pedaging dalam beberapa tahun terakhir. Kini, para peneliti mengklaim bahwa penggunaan laser dapat meringankan masalah kaki dan meningkatkan kualitas daging.

Penelitian dari Iowa State University menunjukkan bahwa secara berkala memproyeksikan lampu laser seukuran titik yang bergerak secara acak di lantai kandang ayam pedaging merangsang naluri pemangsa ayam, mendorong mereka untuk menjadi lebih aktif.

Elizabeth Bobeck, profesor asosiasi ilmu hewan, dan Anna Johnson, profesor perilaku dan kesejahteraan hewan, bermitra dengan Signify, perusahaan penerangan ternak, untuk membuat perangkat laser baru generasi kedua untuk penelitian ini.

Didukung oleh Asosiasi Unggas dan Telur AS, Departemen Pertanian AS dan Institut Pangan dan Pertanian Nasional, mereka melakukan penelitian untuk menilai bagaimana perangkat ini memengaruhi perilaku hewan. Ukuran dan pergerakan perangkat laser baru meniru serangga kecil yang secara alami ingin dikejar ayam.

Bobeck mengatakan ada kekhawatiran bahwa laser akan mendorong ayam untuk beraktivitas lebih banyak, menjadi lebih kecil dan menurunkan berat badan, tetapi sebaliknya, mereka menghabiskan lebih banyak waktu di tempat makan dan minum, menambah berat badan dan meningkatkan efisiensi pakan.

Meskipun aktivitasnya meningkat, ayam dalam kelompok perlakuan tidak mengalami lebih banyak luka, goresan atau lecet di kaki atau tubuhnya.

Studi selanjutnya untuk mengukur berbagai aspek kinerja ayam pedaging, kualitas daging dan stres ditemukan dalam percobaan bahwa tingkat kortikosteron serum – hormon stres yang ditemukan dalam darah ayam pedaging – lebih rendah ketika ayam terkena perangkat laser. (via Poultryworld)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer