Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini KAZAKHSTAN INGIN MENGEKSPOR UNGGAS KE CHINA | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

KAZAKHSTAN INGIN MENGEKSPOR UNGGAS KE CHINA

Terkait dengan rencana swasembada daging broiler, Kazakhstan ingin meningkatkan ekspor.

“Bersamaan dengan pertumbuhan produksi, kami bermaksud untuk meningkatkan ekspor unggas dari Kazakhstan. China terlihat seperti pasar yang paling menjanjikan, meskipun saat ini, masih tertutup bagi para peternak unggas Kazakh,” kata Ruslan Sharipov, kepala serikat peternak unggas Kazakh.

Perluasan perdagangan China-Kazakhstan menjadi agenda. Tahun lalu, omset perdagangan antar negara mencapai US$1,5 miliar dan diproyeksikan akan terus tumbuh.

Ekspor terus tumbuh sejak 2018 ketika diperkirakan mencapai 8.700 ton. Pada tahun 2021 mencapai 24.000 ton. Peternak unggas Kazakhstan mengekspor daging broiler terutama ke negara-negara tetangga di Asia Tengah seperti Tajikistan, Turkmenistan, dan Kirgistan.

Maxim Bozhko, ketua asosiasi produsen telur Kazakh, setuju bahwa pencabutan larangan impor unggas oleh China dari negara itu akan bermanfaat bagi bisnis unggas.

“Ada larangan lama yang berlaku sejak tahun 2000-an, terkait dengan wabah flu burung di China. Kazakhstan melarang ekspor unggas dari China, dan tetangga kami menanggapi dengan tindakan yang sama, yang tetap berlaku,” kata Bozhko.

“Pada saat yang sama, Rusia dan Belarusia dengan bebas mengekspor produk unggas mereka. Pihak berwenang dari 2 negara [Kazakhstan dan China] perlu bernegosiasi dan membuat keputusan politik untuk mencabut larangan dan membuka akses untuk produk unggas kami ke pasar China yang besar. Ini akan memberikan dorongan yang kuat untuk pengembangan industri, ”tambah Bozhko. (via poultryworld)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer