Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini POTENSI EKONOMI BUDI DAYA BROILER PADA KANDANG CLOSED HOUSE | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

POTENSI EKONOMI BUDI DAYA BROILER PADA KANDANG CLOSED HOUSE

Ketika penerapan manajemen perkandangan modern telah berjalan baik, diharapkan peternakan Indonesia semakin maju. (Sumber: Shutterstock)

Empat komponen biaya dalam membangun kandang ayam broiler dengan sistem closed house yaitu investasi, operasional dan pemeliharaan, penerimaan, serta keuntungan. Angka terkini investasi yang harus dikeluarkan dalam membangun closed house di kisaran biaya terendah Rp 77.000/ekor ayam.

Sementara kisaran biaya tertinggi Rp 100.000/ekor ayam. Hitungan ini disebutkan oleh dosen Program Studi Teknologi dan Manajemen Ternak, Sekolah Vokasi IPB, Danang Priyambodo SPt MSi.

Lebih lanjut Danang merinci total biaya terendah untuk 40.000 ekor sejumlah Rp 3.098.150.000. Sementara total biaya tertinggi sebanyak Rp 4.012.800.000. Nilai keseluruhan investasi tersebut digunakan untuk keperluan pembelian tanah, pembuatan jalan menuju kandang maupun dalam kandang. Berikutnya kebutuhan penerangan atau listrik, sumur bor atau penampungan air, perizinan, pagar keliling, mess/gudang, genset dan peralatan kandang (PE).

Danang memberi catatan, angka tersebut didapatkan dengan asumsi luasan yakni ukuran 12 m x 120 m, kapasitas 40.000 ekor. “Dengan jumlah dua lantai kandang. Biaya ini bisa berubah sesuai bahan, situasi dan kondisi daerah setempat,” kata Danang saat menjadi pembicara dalam SAS21 Poultry Pilot Project: Closed Poultry House Training, beberapa waktu lalu.

Berikutnya dijelaskan analisis berdasarkan penghitungan ekonomi budi daya broiler sistem closed house memang mengeluarkan biaya investasi cukup tinggi, namun keuntungan yang didapat setiap periodenya juga tinggi. “Kalkulasi yang menguntungkan, Break Even Point/BEP closed house dapat tercapai dalam 3,5-4,5 tahun,” ungkap dia.

Selain itu, umur bangunan kandang closed house yang terbuat dari besi baja mampu bertahan lama lebih kurang 20 tahun. “Setelah BEP, kandang masih tetap bisa digunakan dalam waktu yang masih lama dan dalam kondisi yang tetap baik,” ucapnya.

Operasional dan Pemeliharaan 
Pada komponen kedua yakni biaya operasional dan pemeliharaan, pengeluaran digunakan untuk tenaga kerja, listrik dan air, gas, serta kebutuhan sekam. Kisaran biaya operasional terendah untuk kapasitas tamping… Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Maret 2022. (NDV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer