Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini BERCAKAP - CAKAP SANTAI TENTANG NUTRISI KAMBING & DOMBA | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

BERCAKAP - CAKAP SANTAI TENTANG NUTRISI KAMBING & DOMBA

Webinar nutrisi kambing domba bersama dokadil institute

Jumat (1/10) Dokadil Institute bersama Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Provinsi Sumatera Utara menggelar bincang santai melalui daring Zoom. Acara yang diberi nama "Cakap - Cakap di Saung Doka" tersebut sudah digelar yang ke-4 kalinya. Pada acara seri ke-4 tersebut tema yang dibahas yakni nutrisi pakan kambing - domba yang menghadirkan Hengki Ginting peternak asal Sumatera Utara.

Drh Adil Harahap selaku pimpinan dokadil Institut mengatakan bahwa acara tersebut bertujuan sebagai platform bagi para peternak kambing - domba di seluruh Indonesia untuk saling berbagi ilmu, pengetahuan, dan pengalaman mereka.

"Ini sudah seri ke-4, mudah - mudahan masih terus lanjut, kalau dilihat animo peserta cukup tinggi dan tema di setiap seri akan berbeda, yang pasti kami ingin menularkan hal yang baik dan cara beternak yang baik," tutur Adil.

Dalam presentasinya, Hengki yang merupakan alumnus fakultas peternakan Universitas Gajah Mada banyak membahas mengenai nutrisi kambing dan domba pada tiap fase kehidupannya. 

"Kunci beternak agar bisa terus langgeng itu salah satunya pakan, secara teknis dan ekonomis pakan inilah yang akan menjadi faktor pembeda, performa dari ternak dan keuntungan peternak juga akan tergantung dari bagaimana cara mengakali pakan," tutur Hengki.

Ia juga mengatakan bahwa peternak harus paham betul kebutuhan nutrisi pakan kambing - dombanya pada tiap fase kehidupan karena berbeda. Dengan mengetahui kebutuhan nutrisinya, peternak dapat mengambil ancang - ancang dalam pemberian pakan supaya efektif dan tepat sasaran.

Ia juga menyarankan kepada peternak agar lebih dapat memanfaatkan hasil bumi yang jumlahnya melimpah di daerah sekitarnya untuk dijadikan sumber nutrisi ternak mereka.

"Kan tidak semua peternak mampu juga beli konsentrat, makanya kita harus pandai - pandai mengakali supaya biayanya jadi efisien, kalau kami di sini memanfaatkan pelepah kelapa sawit yang dibuat silase," tutur Hengki.

Sesi tanya jawab pun berlangsung sangat interaktif dan seru, para peserta yang hadir dapat mengirimkan pertanyaan secara langsung maupun tertulis dan langsung dijawab oleh narasumber. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer